• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

Setelah sebulan berpuasa semua umat muslim merayakan lebaran. Umumnya di hari kemenangan umat muslim baik tanpa disengaja atau memang justru cenderung lepas kendali dalam mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan pola makan, terlebih lagi karena dalam suasana perayaan tersedia berbagai hidangan lezat yang mengandung lemak, bersoda, sangat manis karena banyak gula dan masih banyak lagi. Seperti opor ayam, ketupat sayur, sambal goreng hati, rendang, aneka makanan kecil, cake, kue kering, dan lain-lain

Hidangan Lebaran ini yang identik dengan kalori yang tinggi, bersantan, berlemak dan manis – manis sangatlah tidak baik bagi kesehatan kita dan banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengakali hal seperti ini selain menghidangkan hidangan yang bersantan dan manis. Hidangan yang sehat itu seperti salad, pecel, buah – buahan segar, es buah sebagai pengganti soda atau sirup, puding tanpa gula atau tanpa vla dan hindari camilan penuh kalori seperti nastar, kastangel, putri salju atau emping.

Mengutip seorang Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD – KGEH, MMB, FINASIM (Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI – RSCM) menyatakan bahwa di minggu – minggu pasca Lebaran rumah sakit biasanya dipenuhi pasien yang mengeluhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi saluran nafas atas, maag, diare bahkan stroke dan itu semua karena kadara gula darah yang terlalu tinggi. Haruskah hal ini terjadi pada Anda? Tentu tidak bukan, asalkan Anda tahu cara mencegahnya  seperti hal – hal dibawah ini :
•Pangkal gangguan kesehatan setelah Lebaran adalah kelelahan. Karenanya, Anda sebaiknya tidak mengabaikan kecukupan istirahat.
•Kecukupan nutrisi adalah hal penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pastikan pola makan Anda terjaga ketika puasa. Mengonsumsi menu bernutrisi seimbang, adalah salah satu cara. Ingat, sehari anda memerlukan 5 porsi buah atau sayur,  pastikan jadi bagian dari menu berbuka dan sahur Anda. Jika tidak mungkin melakukannya, Anda bisa mengonsumsi jenis 100%juice, seperti TIPCO yang mengandung serat dan vitamin, karena setara kandungannya dengan buah dan sayuran segar.
•Saat bersilahturahmi di Hari Raya, pastikan Anda mengontrol konsumsi makanan Anda secara berlebihan atau secara bersamaan karena resikonya yang tidak baik bagi tubuh, maka makanlah dengan porsi yang cukup dan tetap pastikan memperhatikan keseimbangan nutrisinya.
•Sangat disarankan agar pola hidup penuh pengendalian ini Anda lanjutkan setelah Lebaran berlalu. Hasilnya tentulah kondisi tubuh yang senantiasa sehat, sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan penuh semangat.
•Perbanyak minum air putih
•Konsumsi buah dan sayuran sebanyak mungkin, karena kandungannya yang kaya akan  serat yang dapat dengan cepat membersihkan saluran pencernaan dan metabolisme tubuh.
•Tetap berolah raga, namun jika badan belum terbiasa maka cobalah yang ringan seperti berjalan kaki atau jogging ringan.
•Istirahat yang cukup dan tepat. Istirahat yang kurang atau terlalu banyak justru akan semakin membuat tubuh merasa “lelah”.
•Cobalah untuk makan sedikit tapi sering atau siapkan camilan sehat untuk mengimbangi pola makan saat maupun setelah lebaran. Saat lebaran, tentu banyak terhidang makanan yang membuat kita terus makan tanpa ada batasan waktu.
•Kembali rutin untuk sarapan. Percayalah, sarapan sangat membantu otak kita berpikir lebih jernih
•Jika berat badan bertambah secara drastis, cobalah untuk mengurangi asupan gula, garam, dan karbohidrat.
•Cobalah mengganti menu daging dengan ikan atau lauk lain yang mengandung protein tinggi.
•Untuk sementara kurangi konsumsi santan yang telah banyak disajikan saat lebaran dan untuk sementara hindari makanan cepat saji.
•Selalu jaga porsi makan yang terlalu banyak atau justru terlalu sedikit karena sangat menyiksa tubuh Anda.
•Ada baiknya konsumsi vitamin atau suplemen yang cocok untuk tubuh Anda. *PB

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

anigif.gif

Biznews

Hallo Baking & Cooking Lovers

Fun Kitchen Festival kembali lagi diadakan tahun ini. Yang pasti tema ditahun ini tidak kalah seru dengan tema tahun kemarin.

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami