• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

 

Hari Idul Fitri, hari kemenangan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Dengan berakhirnya puasa Ramadhan, berakhir pula perjuangan kita menahan lapar, haus, dan godaan-godaan lain selama puasa. Sayangnya, banyak yang kemudian seolah-olah ingin balas dendam dengan makan sebanyak-banyaknya selama lebaran. Sudah bisa dipastikan berat badan pun akan bertambah. Belum lagi masalah-masalah kesehatan yang timbul akibat terlalu banyak konsumsi kolesterol jahat. Yuk, simak cara mencegah gemuk di sini!

  • - Batasi jumlah kalori yang dikonsumsi agar menjaga tingkat kalori tetap normal. Misalnya tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis
  • - Perhatikan jumlah porsi makanan untuk menghindari makanan yang berlebihan, jadi makanlah hidangan dengan piring kecil
  • - Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah – buahan untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan saat Lebaran. Hal ini juga mengimbangi makanan berlemak yang dikonsumsi
  • - Makanlah secara perlahan – lahan, maka akan membuat pencernaan kita tidak kaget akan pola makan kita yang berubah setelah sebulan berpuasa serta dengan makan secara perlahan akan membuat kondisi perut kita tak akan mengalami keinginan untuk menambah porsi makanan
  • - Sebaiknya makanlah buah sebelum mengkonsumsi makanan berat, sehingga perut sudah terasa kenyang sebelum makan berat lainnya
  • - Imbangi masuknya kalori dengan membakar kalori, yakni dengan olahraga yang rutin saat libur Lebaran.
  • - Batasi Minum Manis dengan menghindari sirup, teh manis, atau minuman bersoda yang sering disajikan ketika lebaran. Tak hanya membuatmu menimbun kalori, minuman manis juga akan membuatmu cepat lapar dan ingin lebih banyak lagi menkonsumsi yang manis-manis.
  • - Banyak Minum Air Putih karena air putih biasanya selalu disajikan dalam kemasan ketika lebaran. Sebaiknya pilih itu saja daripada minuman manis lainnya. Kamu juga harus banyak minum air putih untuk memperlancar pencernaan serta menahan keinginanmu untuk makan. Sebelum makan atau ngemil, sebaiknya kamu dahului dengan minum air putih.
  • - Lanjutkan dengan Puasa Syawal, karena selain memang dianjurkan, puasa Syawal juga bisa membantumu mengendalikan diri untuk makan berlebih selama lebaran. Kalau masih kuat, lanjutkan lagi dengan puasa Senin Kamis.
  • - Lakukan Pekerjaan Rumah Sendiri, karena biasanya pembantu libur saat lebaran, hal itu justru  menguntungkanmu. Kerjakan sendiri tugas-tugas rumah tanggamu, mulai dari bersih-bersih, mencuci, menyetrika, memasak, dan lain sebagainya. Kerjaan rumah beres, lemak-lemak tubuh pun ikut rontok.'
  • - Jangan Ubah Porsi Makan, karena dengan begitu banyaknya lauk pauk dan hidangan lezat selama lebaran, bisa dipastikan kamu akan menambah porsi makanmu. Segera hentikan dan tetaplah pada porsi lamamu karena hal itu bisa menjadi kebiasaan bahkan ketika lebaran telah usai.
  • -  Stock Buah dan Sayuran. Hampir semua hidangan lebaran bisa membuatmu gemuk. Dan sepertinya kamu pun tidak akan punya banyak waktu untuk berbelanja. Oleh karenanya, mulailah stock buah dan sayuran sebelum lebaran. Begitu kamu ingin ngemil, ambil buah sebagai gantinya. Buah selain kaya serat juga akan menahan rasa kenyang lebih lama.
  • - Meski libur panjang, olahragamu tidak boleh libur. Olahraga tak hanya penting untuk membakar kalori, namun juga ikut menjaga staminamu agar tetap fit. Apalagi pasti banyak hal yang harus kamu lakukan selama Idul Fitri. Sehingga pada saat masuk kerja nanti, kamu sudah siap.
  • - Ketika bersilaturahmi dan disuguhi hidangan makan besar, sebaiknya pilih piring berukuran kecil, sehingga porsi yang kamu ambil juga sedikit. Kalau ada hidangan berkuah, pilih yang itu saja agar kamu cepat kenyang meski tidak terlalu banyak kalori yang masuk.
  • - Kalau kamu tidak bisa menahan nafsumu untuk ngemil, pilihlah camilan yang mengandung tinggi protein. Misalnya saja kacang-kacangan atau biji-bijian. Makanan berprotein tinggi juga sangat bagus untuk menahan rasa lapar.
  • Setiap makan besar, pastikan jika porsi sayuran yang kamu ambil lebih banyak dari yang lainnya. Jika perlu, sebelum mengambil nasi, dahului dengan mengambil sayuran. Ketika begitu, kamu akan mengambil lebih sedikit nasi karena piring sudah dipenuhi sayuran. *PB

 

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

Anda ingin lihat keseruan generasi milenial dari dunia kuliner yang kekinian? Atau ingin melihat wujud mimpi Anda menjadi foodpreneur?

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami