• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

Ketika banyak orang lebih memilih fusion sebagai alternatif pilihan untuk menghadirkan sesuatu yang baru dalam khazanah dunia pastry maupun kuliner. I Nyoman Sudiana, Head Pastry Chef The Akmani Hotel Jakarta lebih memilih produk pasty klasik sebagai produk andalannya. Ternyata langkah yang diambil pria kelahiran Denpasar ini mendapat apresiasi dari tamu The Akmani hotel Jakarta. Menurutnya, pastry klasik memiliki taste alami seperti penggunaan vanilla pod untuk Vanilla Cream Brulee, maupun berbagai macam adonan dengan rasa vanilla sehingga rasa vanilla akan lebih terasa dan original yang bisa membuat orang langsung suka beda jika hanya menggunakan essens.
        Selain relatif produknya sudah dikenal, produk klasik pastry juga banyak yang menyukai. “Produk-produk pastry authentic selection sudah banyak dikenal. Tinggal bagaimana memetakan rasa yang authentic seperti Back Forest, Chocolate Cake, Tiramisu atau Apple Tatin, apalagi ditambah tampilan yang menarik” tambah Nyoman. Misalnya untuk rasa authentic dari kue Black Forest adalah sponge cake chocolate yang moist dan basah dari liqueur, ditambah dark cherry dan cream dalam layer-layernya. Sedangkan untuk Tiramisu menonjolkan taste kopi dan cream cheese sebagai ciri khasnya.Alumnus STP Bali yang dulu dikenal dengan Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) tahun 1988 ini langsung jatuh hati dengan dunia pastry ketika menempuh mata kuliah pastry dalam food production. “Ada seni yang bisa dikembangkan dari pastry mulai dari bentuk hingga paduan rasanya. Bisa dibilang art of culiner ada di pastry karena menggabungkan seni dan teknik memasak,” urai Nyoman yang memiliki hobi berkebun. Sebagai Head Pastry Chef dalam pre-opening team, Nyoman bertanggung jawab dengan dapur pastry hingga pengembangan produk pastry di Scarlatti Lounge The Akmani sebagai wadah presentasi produk-produk pastry kreasinya. Berkreasi, membuat menu-menu baru, dan mengatur penyajiannya, adalah tugas sehari-hari dari pria humoris ini. Salah satu hal yang menantang baginya adalah program one day meeting yang berlangsung di The Akmani, di mana dalam setiap hari ia bertanggung jawab menyajikan sajian pastry yang berbeda dalam satu hari untuk dua kali coffee break, lunch, dan dinner untuk tamu yang sama. “Dapur pastry dituntut menghadirkan menu-menu yang variatif bagi tamu karena kesan pertama akan produk yang kita sajikan, bisa membuat tamu kembali lagi,” tambah Nyoman.
 
Pastry Kaya Cita Rasa
   Dalam pandangan Nyoman, pastry memberikan tantangan yang berbeda, yaitu bagaimana seorang pastry che mampu menghadirkan produk pastry kaya cita rasa. “Misalnya mempergunakan bahan cokelat yang dipadukan dengan bahan lain bisa menghasilkan range rasa yang luas,” urai pria yang berulangtahun pada tiap 20 Februari ini. Menurut selera pribadi Nyoman, ia cenderung memadukan buah-buahan yang asam seperti mangga, markisa, strawberry, atau raspberry dengan bahan cokelat. Karena rasa cokelat dan rasa asam dari buah-buahan bisa berpadu seimbang. Maka tak heran jika cokelat merupakan salah satu bahan favorit Nyoman dalam olahan pastry. Selain rasa yang enak, produk pastry juga harus menarik dari sisi presentasi, karena dari sinilah produk pastry menggoda Anda untuk mendekat dan penasaran bagaimana dengan rasanya. Simplicity adalah gaya presentasi chef Nyoman, dengan tampilan simpel yang sesuai serta mencerminkan rasa pastry itu sendiri.
 
Chocolate Cake Jadi Andalan
   Sebagai Head Pastry Chef di hotel baru, banyak tantangan yang dihadapi oleh Nyoman. Memang belum banyak prestasi yang diraih, tapi lewat pilihan classic pastry kreasinya untuk Scarlatti Lounge The Akmani, Nyoman membuktikan pilihannya tidaklah salah. Bukan berarti ia hanya main aman atau anti dengan sesuatu yang baru atau berbau modern, namun kebanyakan dari tamu dan pengunjung Scarlatti The Akmani lebih menyukai produk klasik. Salah satu andalan Scarlatti Lounge dan menjadi best seller adalah Chocolate Cake. Chocolate Cake merupakan paduan sponge cokelat yang diberi simple syrup serta kopi espresso ditambah ganache cokelat sebagai filling dan disiram dengan cokelat ganache. Dalam tiap suapan Chocolate Cake ini, ada sapuan rasa kopi yang berpadu dengan cake cokelat dan ganache cokelat. Masih banyak mimpi yang ingin diraih Nyoman di dunia pastry, salah satunya adalah mengajar. Bagi Nyoman, mengajar merupakan keinginannya berbagi ilmu dan pengetahuan, sekaligus salah satu citacitanya. Tentu saja ia juga ingin menambah prestasi, tak hanya puas pernah meraih Bronze Medal in Pastry Showpiece dalam ajang Salon Culinaire Jakarta 2009 lalu untuk kategori sugar and chocolate.

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

Anda ingin lihat keseruan generasi milenial dari dunia kuliner yang kekinian? Atau ingin melihat wujud mimpi Anda menjadi foodpreneur?

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami