• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Belajar Usaha Kuliner Dengan Produk Ungg…

09-11-2018 Hits:71 News admin1

Belajar Usaha Kuliner Dengan Produk Unggulan PT. Trabaud Labotaries Aromatic

Surabaya – Kesuksesan sebuah usaha dibidang kuliner makin hari makin terlihat perkembangannya dewasa ini. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya kreasi dibeberapa sajian kuliner yang tak hanya dari segi rasa dan...

Read more

Tuangkan Perpaduan Puding dan Mooncake Y…

23-10-2018 Hits:193 News admin1

Tuangkan Perpaduan Puding dan Mooncake Yang Cantik Dikelas Just Demo Bersama Chef Yuliana Jiu Dias

Surabaya – Mooncake yang kita kenal dengan sebutan kue pia Cina, dimana selalu erat hubungannya dengan salah satu perayaan orang China yaitu Imlek. Kali ini kudapan yang berisikan dengan aneka...

Read more

Belajar Cerdas Dalam Memanajemen Usaha K…

16-10-2018 Hits:102 News admin1

Belajar Cerdas Dalam Memanajemen Usaha Katering/ UKM Yang Benar Bersama Yuyun Anwar

PastryNBakery, Surabaya - Keberhasilan kelas manajemen katering membuat makin banyaknya peminat dibidang kuliner khususnya bagi para pemula. Apalagi kendala yang dihadapi memang berhubungan dengan sumber daya manusia selain tentunya juga...

Read more

Pintar Memasak Olahan Aneka Frozen Food …

12-10-2018 Hits:196 News admin1

Pintar Memasak Olahan Aneka Frozen Food Bersama Ibu Yuyun Anwar

PastryNBakery.com,Surabaya - Perkembangan dunia kuliner salah satunya makanan-makanan frozen food saat ini memang sudah sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak, semakin hari banyak orang yang memilki aktivitas yang...

Read more

Serunya Belajar Membuat, Mengemas & …

11-10-2018 Hits:139 News admin1

Serunya Belajar Membuat, Mengemas & Mengawetkan Aneka Sambal Tradisional Bersama Chef Farin

PastryNBakery.com, Surabaya – Makan ditemani sambal menjadi salah satu kebiasan yang sudah lama turun temurun penduduk Indonesia, sehingga tak heran jika sambal menjadi salah satu komoditi yang sekarang ini sangat...

Read more

Seni menghias cake dengan menggunakan fondant saat ini lagi menjadi trend center. Bahan yang umum dalam menghias cake selain, fondant juga menggunakan butter cream, ganache serta cokelat modelling. Diperlukan sebuah keterampilan tangan jika Anda ingin menghias cake dengan menggunakan fondant. Fondant sendiri bagi sebagian orang ada yang menyebutnya plastic icing, gum paste serta sejenisnya.
    Menghias cake merupakan  bagian yang paling menarik didalam pengolahan cake atau kue, menghias cake itu sendiri sebetulnya tidak mempunyai batas didalam mengaplikasikannya. Segala macam bentuk seni , jika kita menyadari kreatifitas seni yang kita miliki tidak memadai, kita bisa menghias cake hanya dengan membuat aneka macam garis ataupun dengan melihat segala macam inspirasi seni disekitar atau hanya dengan mencontoh sebuah buku atau majalah cake decoration. Untuk menghasilkan hiasan yang sempurna, jelas kita memerlukan ketekunan dan latihan disamping itu juga pengalaman. Tentunya ada beberapa teknik dan teori menghias cake yang perlu kita miliki.
Tujuan Menghias Cake Fondant
         Menghias cake fondant adalah menutup kue/cake dengan bahan penghias atau memberikan hiasan pada kue/cake dengan menggunakan fondant baik itu dari covering hingga ornamentnya. Tujuannya sebagai berikut :
- Meningkatkan kualiatas cake dalam hal penampilan, rasa, rupa dan bentuk. Cake yang tersaji terkadang tidak diminati dikarenakan beberapa alasan antara lain warna pada permukaan tampilan cake menujukkan bahan dasar pembuatan cake tersebut. Bentuk cake yang pada umumnya sesuai dengan cetakan yang digunakan dan permukaan cake yang kasar atau halus. Bila demikian adanya, maka orang yang melihat cenderung sudah tahu akan rasa cake tersebut dan penilaiannya biasa saja  ( sama dengan cake yang lain). Untuk mengatasi hal tersebut, cakedapat dihias dengan menggunakan berbagai bahan penghias yang sesuai dengan keinginan dan karakteristik dasar cake. Sehingga mengubah penampilannya secara keseluruhan dari yang polos menjadi berhiasan.
- Menutup kekurangan pada bentuk fisik yang kurang menarik. Cake yang dibuat seringkali  hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, seperti cake hangus, bantat, merekah/terbelah atau dapat juga cacat (gompel miring). Hal ini bisa saja terjadi disebabkan faktor kelalaian manusia. Namun demikian cake tetap dapat diperbaiki dengan cara menutup bagian yang cacat tadi dengan bahan penghias cake, bahkan dengan daya kreatifitas dan imajinasi yang ada dapat mengubah bentuk kue baru yang lebih menarik dari sebelumnya.
- Menyatakan ungkapan/maksud menghias cake (ucapan selamat). Cake yang dihias biasanya disesuaikan dengan maksud dari menghias cake itu sendiri, seperti ucapan selamat ulang tahun, menempuh hidup baru, pertunangan, hari raya, ungkapan rasa kasih sayang dan lain-lain. Hiasan (bahan, warna dan bentuk) yang digunakan dan dihasilkan dapat langsung menunjukkan maksud cake hias tersebut. Misalnya sebagai ungkapan rasa kasih sayang, dibuatlah cake berbentuk hati (love) dihias dengan krim yang dibentuk  bunga mawar dab menggunakan warna yang dominan merah muda.
- Menjadi pusat perhatian (center of  interest). Cake hias tidak selalu ada disetiap waktu sehingga keberadaan cake yang indah dan cantik pada suatu kesempatan (pesta) akan banyak  menarik perhatian orang.

      Pada prinsipnya menghias cake diperlukan sebuah trik dan intrik seperti : Sebelum kita akan menentukan bentuk cake serta hiasan apa yang akan kita tampilkan, maka kita harus mengetahui tema dari cake yang akan kita buat. Tema diperlukan agar cake yang ditampilkan sesuai dengan maksud dan tujuan dari penempatan cake dalam dalam suatu acara. Usahakan hiasan pada cake harus merupakan penggabungan dari keindahan dan tema. Namun hiasan-hiasan tersebut harus memiliki bagian tertentu yang menjadi pusat perhatian ketika orang melihat cake yang telah didekorasi. Dengan menampilkan cake tersebut dapat menjadi pusat perhatian orang, sehingga dapat mengetahui tema dari suatu event. Keserasian perlu diperhatikan, baik itu dari segi desain maupun pemilihan warna yang harus kembali berperan pada tema.
     Keseimbangan antara ukuran cake dengan dekorasi   yang akan ditampilkan harus seimbang. Keseimbangan tersebut dapat dibuat dengan memperhatikan ukuran dari cake serta ukuran hiasan yang akan dibuat. Keseimbangan juga dapat diperoleh dari motif yang dibuat. Ketepatan dalam semua hal yang meyangkut prinsip dalam menghias cake. Hiasan cake harus tepat dengan event atau tema dari acara, tepat dalam menentukan ukuran dan bentuk cake, tepat dalam pemilihan bentuk hiasan dan tepat dalam menentukan warna. Jika semua prinsip menghias cake dapat diikuti dan selalu diperhatikan, maka dekorasi cake yang dibuat akan sesuai dengan tujuan.


Teknik Menghias Cake Dengan Fondant
       Menghias cake pada dasarnya membuat penampilan cake menjadi lebih menarik untuk dilihat dan lebih menggiurkan untuk dirasa. Jika kedua hal tersebut tidak terpenuhi maka sebetulnya hiasan cake tersebut boleh dikatakan gagal atau disimpulkan kita kehilangan waktu, tenaga dan bahan. Penampilan cake dapat dibuat sederhana ataupun mewah, sehingga penampilan cake dengan seni tinggi seperti halnya didalam menghias cake pengantin atau cake dengan cara tertentu. Cake dapat dibentuk apapun, tetapi yang paling dikenal cake dengan bentuk bundar, persegi empat atau persegi panjang. Semua bentuk dapat dihias menurut kemauan kita dengan berbagai motif dan cake yang akan dijual perpotong harus dihias setiap potong.  Berikut beberapa teknik yang perlu diperhatikan dalam menghias cake dengan fondant :
1. Siapkan cake yang sudah jadi terlebih dahulu, cake yang dipakai sebaiknya yang agak padat, seperti brownies. Jika menggunakan dummy gabus juga tidak apa-apa.
2. Buat desain cake sesuai dengan tema yang Anda tentukan.
3. Alas piring atau tatakan cake dengan kertas alas cake.
4. Letakkan cake pada posisinya dan beri pinggiran  dengan kertas pengaman (potongan kertas roti).
5. Poles permukaan cake baik bagian sisi maupun permukaan atasnya dengan menggunakan butter cream atau selai.
6. Siapkan bahan-bahan yang lain seperti fondant ( sebaiknya beli yang sudah jadi atau siap pakai saja, termasuk warna kalau memang takut susah untuk mencampur warna yang di inginkan), tepung maizena, gunting dan rolling pin. Untuk melakukan dengan hasil yang maksimal disarankan diatas meja marmer yang permukaannya rata.
7. Fondant diuleni sampai lembut dan elastis, jika Anda mengunakan fondant yang netral, berarti Anda harus menambahkan pewarna  makanan sesuai dengan keinginan dan tema Anda. Supaya fondant tidak lengket maka sebaiknya permukaan meja dan tangan Anda ditaburi dengan sedikit tepung maizena.
8. Setelah fondant sudah kelihatan elastis maka lanjutkan dengan menggilas fondant secara merata ketebalannya dengan menggunakan rolling pin yang sudah di olesi tepung maizena juga. Dan jika ketebalannya sudah merata baru diangkat bersama rolling pin ke atas cake yang akan Anda hias.
9. Potong fondant sesuai dengan ukuran cake kemudian letakkan pada seluruh permukaan cake dengan bantuan rolling pin.
10. Haluskan permukaan cake fondant dengan menggunakan icing smoother hingga rata.  
11. Buat aneka hiasan dengan menggunakan fondant sesuai dengan keinginan dari tema yang ditentukan.
12. Tempelkan hiasan  fondant tersebut sesuai dari sketsa yang telah dibuat sebelumnya, gunakan sedikit air untuk membantu merekatkannya.

   Fondant atau yang biasa disebut icing sugar ini ada juga yang mengatakan plastic icing. Saat ini menjadi trend untuk menghiasi beberapa jenis cake seperti cupcake, kue ulang tahun, cake wedding atau anniversary, bahkan dalam segala membuat. Kenapa fondant menjadi trend? Karena bahan ini mudah untuk dibentuk serta mempunyai kelenturan yang cukup baik, sehingga dekorasi cake Anda terlihat semakin rapid an bagus. Tapi dalam menggunakan fondant ini diperlukan kejelian dan kesabaran serta perhitungan yang matang sehingga tidak menyisakan bahan terlalu banyak.
Dan uniknya lagi fondant yang kita gunakan sebagai cake decorations ini bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kita, sehingga hiasan cake akan lebih bervariasi dan akan membuat cake kita semakin menarik dan akan menambah selera orang untuk mencicipinya, dikarenakan bentuknya yang sangat indah dan permukaannya yang rapi serta halus. Dengan fondant kita dapat menghias cake sesuai dengan tema seperti tema bunga, hewan atau kesukaan anak-anak yang saat ini lagi trend seperti minion, angry bird, shaun the sheep dan masih banyak yang lain. Silahkan Mencoba….

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

Anda ingin lihat keseruan generasi milenial dari dunia kuliner yang kekinian? Atau ingin melihat wujud mimpi Anda menjadi foodpreneur? This is your time, Bogasari Young Foodpreneur Challenge 2018 yang bekerjasama dengan Universitas Ciputra. Acara yang merupakan kompetisi bisnis dibidang industri makanan berbasis terigu ini bertujuan mendukung semangat entrepreneur dan perkembangan food startup business anak muda masa kini. Nah bagi Anda yang ingin tahu keseruan acara anak muda berkumpul untuk berkreasi didunia kuliner. Jangan lupa segera catat tanggal final expo serta tempat acaranya dibawah ini ya.

Bogasari Young Foodpreneur Challenge 2018
Tanggal : 30 November – 2 Desember 2018 (Final Expo)
Tempat : Pakuwon Trade Center Surabaya - Lower Ground Atrium

Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Klik Infonya Disini :
Instagram : @bogasarifoodpreneur

 

 

 

 

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami