• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Belajar Cerdas Dalam Memanajemen Usaha K…

16-10-2018 Hits:110 News admin1

Belajar Cerdas Dalam Memanajemen Usaha Katering/ UKM Yang Benar Bersama Yuyun Anwar

PastryNBakery, Surabaya - Keberhasilan kelas manajemen katering membuat makin banyaknya peminat dibidang kuliner khususnya bagi para pemula. Apalagi kendala yang dihadapi memang berhubungan dengan sumber daya manusia selain tentunya juga...

Read more

Pintar Memasak Olahan Aneka Frozen Food …

12-10-2018 Hits:155 News admin1

Pintar Memasak Olahan Aneka Frozen Food Bersama Ibu Yuyun Anwar

PastryNBakery.com,Surabaya - Perkembangan dunia kuliner salah satunya makanan-makanan frozen food saat ini memang sudah sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak, semakin hari banyak orang yang memilki aktivitas yang...

Read more

Serunya Belajar Membuat, Mengemas & …

11-10-2018 Hits:105 News admin1

Serunya Belajar Membuat, Mengemas & Mengawetkan Aneka Sambal Tradisional Bersama Chef Farin

PastryNBakery.com, Surabaya – Makan ditemani sambal menjadi salah satu kebiasan yang sudah lama turun temurun penduduk Indonesia, sehingga tak heran jika sambal menjadi salah satu komoditi yang sekarang ini sangat...

Read more

Serunya Belajar Memanajemen Resto Steak …

10-10-2018 Hits:101 News admin1

Serunya Belajar Memanajemen Resto Steak & FastFood Japanese Rice Bowl Murah Ala Fish N Co Bersama Yuyun Anwar

PastryNBakery.com, Surabaya – Banyaknya pemilihan aneka makanan dewasa ini memang makin hari makin meningkat ragamnya. Seperti jenis makanan seperti aneka steak, fish N chip hingga Japanese rice bowl yang memang...

Read more

Cerdas Memilih Produk Halal Bersama PT H…

10-10-2018 Hits:65 News admin1

Cerdas Memilih Produk Halal Bersama PT Hakiki Donarta

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama muslim, memilih produk halal adalah perintah agama, dan produk halal dianggap baik untuk kesehatan. Apabila sebuah produk tidak secara jelas mencantumkan label...

Read more

     Jenis cake apa saja bisa ditutupi dan didekorasi dengan fondant biasanya dari jenis cake yang agak berat. Namun jika menggunakan jenis sponge cake sebaiknya sponge cake tersebut didinginkan terlebih dahulu kedalam lemari pendingin sehingga sponge cake tidak lagi menjadi lembek namun akan menjadi sedikit lebih keras akan tetapi tidak terlalu keras juga, istilahnya menjadi lebih firm atau lebih lembut.

     Baik jenis, rasa, dan model cake yang ada saat ini semakin beragam. Berbicara mengenai model cake, jika Anda hanya menemukan cake dengan bentuk kotak atau bulat ditambah sentuhan butter cream atau whipped cream, saat ini dekorasi cake mengenal 3D Cake. 3D Cake atau Cake 3 Dimensi adalah sebuah cake yang di dekorasi sedetail mungkin sehingga menyerupai obyek aslinya. Bahan dekorasi 3D Cake lebih banyak mempergunakan fondant. Menurut Fatmah Bahalwan, pendiri dan pengajar Natural Cooking Club (NCC) dikutip dari www.ncc-indonesia.com, fondant adalah bahan yang sering disebut plastik icing. Teksturnya padat lentur, mirip seperti plastisin. Mudah dibentuk menjadi beragam bentukan sesuai daya cipta masingmasing orang.

     Bagi Prima Perdana Adithya sang pemilik La Mia Kitchen menuturkan, bahwa jenis cake apa saja bisa ditutupi dan didekorasi dengan fondant biasanya dari jenis cake yang agak berat. Namun jika menggunakan jenis sponge cake sebaiknya sponge cake tersebut didinginkan terlebih dahulu kedalam lemari pendingin sehingga sponge cake tidak lagi menjadi lembek namun akan menjadi sedikit lebih keras akan tetapi tidak terlalu keras juga, istilahnya menjadi lebih firm atau lebih lembut.

3D Castle Cake

     Bertempat di La Mia Kitchen, Jl. Kemang 1 No. 12C, Jakarta Selatan, Pastry&Bakery diajak menyaksikan kepiawaian sang pemilik patisserie & café tersebut. Meskipun usianya baru akan menginjak 26 tahun bulan April 2013 mendatang namun passion-nya di dunia pastry and cake tak perlu diragukan. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Prima sudah menekuni dan akrab dengan kegiatan di belakang oven. Pada pagi hari itu, Prima sudah menyiapkan bahan dan peralatan untuk membuat 3D cake. Ada 4 buah sponge cake pandan siap pakai dimana masing-masing berdiameter 16 cm sebagai cake yang akan ditutupi dan didekorasi dengan fondant. Selain itu Prima juga menyiapkan peralatan lain seperti fondant, tepung maizena, air, pewarna bubuk, saringan, fondant tools dan alat crafting. Prima langsung memulai dengan menyusun dua tingkat sponge cake. Sisa dua sponge cake lainnya dipotong-potong berbentuk segitiga, persegi dan kubus yang kemudian disusun mengelilingi dua tingkat sponge cake tersebut. Terkecuali sponge cake yang berbentuk kubus dengan panjang sisi sekitar 7 cm diletakan diatas tengah sponge cake. Kemudian Prima mengolesi konstruksi sponge cake tersebut dengan whipped cream. Sehingga tema 3D cake yang dibuat pada hari itu adalah “Castle Cake”.

Lebih Baik Pilih Whipped Cream

     Usai mengolesi seluruh permukaan sponge cake dengan whipped cream, Prima menyisihkannya dengan memasukan ke dalam lemari pendingin. Agar tidak terlalu lengket, sponge cake tersebut memang perlu dimasukan ke dalam lemari pendingin untuk beberapa saat saja. Sementara sponge cake di dalam lemari pendingin, Prima kembali sibuk untuk menangani fondant. Prima lebih memilih whipped cream dibandingkan butter cream karena whipped cream tidak menyisakan rasa mengendal di rongga mulut. Hampir seluruh karyanya tidak pernah menggunakan butter cream, kecuali jika sedang membuat Opera Cake. “Saya lebih senang dengan whipped cream karena lebih soft dan lebih terasa susunya. Selain itu juga lebih rendah lemak kalau dilihat dari sisi kesehatannya,” ujar Prima. Ada sekitar 6 warna fondant yang diuleninya yaitu putih, ungu, pink, hijau, abu-abu dan cokelat muda.

     Fondant yang berwarna putih dipipihkan sehingga ketebalan sekitar 2 hingga 3 mm yang kemudian dijadikan penutup cake. Sponge cake yang telah ditutupi oleh fondant kemudian dibaluri dengan pewarna bubuk biru dan kuning menggunakan kuas kecil. Baru kemudian fondant berwarna ungu dipotong menjadi 6 sisi kubus sebagai penutup dinding castle. Warna fondant lainnya dibentuk menyerupai kerucut castle, bunga, balok kayu, rumput dan bebatuan. Terakhir, Prima menyusun fondantfondant tersebut sehingga menyerupai sebuah castle diatas bukit dengan pemandangan bunga-bunga kecil, rumput hijau, balok kayu dan bebatuan. Ada yang unik kami saksikan pada saat Prima membuat rumput hijau, dengan bermodalkan sebuah saringan plastik dan menekan fondant berwarna hijau mulai dari sisi dalam hingga ke arah luar saringan maka terciptalah buliran-buliran rumput hijau nampak seperti aslinya. Penasaran? Simak liputan step by step Castle Cake oleh Prima Perdana Adithya dari La Mia Kicthen pada edisi mendatang.

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

 

Dear rekan interfood, mencari ide baking? Kristamedia dengan bangga hadir, pameran makanan & minuman yang paling diantisipasi sial interfood 2018!

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami