• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

 

 

Bisnis masakan lebaran  Puasa, Makin Menggoda
Usaha aneka hidangan masakan untuk merayakan lebaran, bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang cukup marak karena kebutuhan untuk menyiapkan makanan dengan cepat saat  merayakan lebaran. Terbatasnya waktu, semakin banyak aktifitas dan pekerjaan membuat orang menginginkan makanan yang cepat saji atau instan. Tak perlu menyiapkan makanan dari awal yang memakan waktu cukup banyak sementara kebutuhannya hanya untuk beberapa kali hidang saja. Padatnya acara silahturahim sampai pulang pembantu rumah tangga yang pulang kampong menjadikan alasan paling banyak mengapa sajian aneka masakan dan pendamping hidangan ketupat, misalnya sangat dibutuhkan.

Lebaran adalah saat istimewa yang ditunggu dalam setelah puasa. Selalu keluarga ingin menyajikan yang terbaik dalam waktu singkat. Salah satu makanan yang membutuhkan waktu panjang untuk memasaknya adalah lauk dan pendamping ketupat. Padahal lauk menjadi penarik selera makan. Masakan instan menjadi pilihan yang sangat pas untuk menjawab kesulitan tersebut. Aneka masakan instan mulai dalam bentuk segar, beku dan kering sudah banyak dijual. Lauk instan segar banyak dijual untuk memenuhi kebutuhan singkat saja, sementara lauk dengan pengawetan kering dan beku bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang karena masa simpannya yang panjang juga.
Makanan beku atau frozen food merupakan jenis olahan yang sangat praktis, aman dan awet lebih lama dibanding pengawetan lainnya. Aneka masakan yang biasanya dihidangkan dsaat lebaran dari yang tradisional sampai modern menjadi salah ciri yang selalu berulang tiap tahunnya. Ketupat sebagai salah satu daya tarik yang dinikmati tiap lebaran memerlukan pendamping baik sayuran, pelengkap, toping sampai lauknya. Aneka jenis lauk utama tradisonal dari lodeh, opor, rendang, ayam ungkep sampai empal gepuk adalah lauk yang cukup popular dan digemari hampir semua orang. Terbuat dari dari olahan daging bisa dari ayam, seafood atau sapi bisa menjadi solusi jika ingin menyiapkan lauk dari protein hewani dengan cepat tanpa perlu susah payah.

Bisakah Dari Dapur ?    
Usaha masakan pelengkap ketupat sangat sederhana dan murah. Dengan menggunakan peralatan dapur dan sentuhan kemasan yang modern bisa dikerjakan. Tak kalah dengan makanan beku modern yang sudah dibuat oleh perusahaan besar yang seringkali jadi alternatif. Modal yang diperlukan relative sangat kecil sesuai dengan skala usaha yang dikehendaki.
Pengawetan yang digunakan bisa menggunakan cara pengeringan atau pembekuan. Aneka masakan kering semacam kering tempe, sambel goreng kentang, teri balado, dendeng dan seterusnya adalah makanan yang seringkali disajikan dalam hidangan lebaran juga. Silahkan dipilih jenis pengawetan yang paling cocok sesuai dengan fasilitas yang dimiliki.
Jenis pengawetan yang bisa digunakan untuk memperpanjang masa simpan adalah sebagai berikut :
1.Pengawetan dengan mengurangi kadar air dengan system pemanasan misalnya digoreng. Air diperlukan untuk kehidupan bakteri, sehingga dengan berkurangnya air akan mempersulit kehidupan bakteri. Makanan jadi relative awet. Kentang kering dan tempe kering lebih tahan beberapa hari di suhu ruang.
2.Pengawetan secara alamiah dengan menambahkan aneka bumbu yang dapat menambah masa simpan. Jenis bumbu seperti bawang putih, merica, gula, garam dan bumbu lainnya bisa memperpanjang masa simpan.
3.Pengawetan dengan suhu dingin. Suhu dingin atau beku menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga makanan yang disimpan di suhu tersebut setidaknya bebas dari pembusukan dalam beberapa hari selama di simpan suhu tersebut. Lauk berbumbu yang masih banyak mengandung air sangat cocok untuk disimpan di suhu dingin (kulkas atau freezer).
4.Penambahan bahan pengawet. Bahan kimia untuk menambah daya simpan bisa ditambahkan pada olahan lauk berbumbu dengan dosis yang aman. Maksimal penggunaan tidak boleh melebihi 1 gram dalam 1000 gr. Benzoat dan sorbate bisa ditambahkan untuk menambah performa pengawetan.
5.Menjaga kebersihan dan sanitasi dengan baik. Mulai pemilihan bahan sampai pemasakan, handling oleh karyawan dilakukan secara hygiene sehingga terhindar kontaminasi pertumbuhan bakteri akibat salah penanganan. Jika kebersihan dan sanitasi dijaga dari awal maka di akhir lauk pun lebih awet karena keberadaan bakteri, virus dan jamur bisa diminimalisasi.
6.Pengemasan yang aman dan rapat. Bahwa lauk berbumbu merupakan produk yang dijual secara retail. Agar lebih aman dari kontaminasi setelah pemasakan oleh bakteri dan benda berbahaya lain, maka harus dikemas dengan rapi dan benar. Cara kemas dan pemilihan jenis bahan kemasan dapat membantu memperpanjang masa simpan.
Menguak keuntungan mengemas Masakan
Keamanan produk (melindungi dari kontaminasi berbahaya, debu, kotoran dan bakteri)
Artinya lauk yang diolah harus dilindungi dari debu yang bertebaran, perubahan udara atau kontaminasi microbiologi lainnya. Bungkus lauk berfungsi melindungi lauk dari tumbuhnya jamur, parasite, bakteri pathogen dan kotoran berbahaya yang akan menjadikan lauk tidak aman di konsumsi. Karena sekaligus melindungi dari kerusakan bungkus/kemasan bisa berfungsi sebagai pengawet/menambah awet masa simpan makanan. Karena masa simpan lama secara komersial produk lauk olahan sangat memungkinkan untuk dijual di pasaran. Produk yang aman dikonsumsi akan menjadikan usaha kita aman. Lauk yang menyebabkan keracunan saat dikonsumsi oleh pembeli akan ditarik dari pasaran.
Kemudahan untuk dibawa (distribusi)
Bungkus/kemasan membuat makanan terkumpul rapi sehingga tidak berantakan. Kemasan yang kuat dan lentur bisa membungkus makanan dengan kuat. Dengan begitu  mudah untuk didistribusikan kemanapun.
Fungsi Pemasaran (iklan gratis, image)
Kemasan menjadi sarana paling tepat mempromosikan produk yang dibuat. Dalamkemasan bisa dicantumkan merk sehingga mudah untuk diingat oleh konsumen untuk. Dituliskan keunggulan produk sehingga konsumen langsung bisa mengerti keuntungannya. Kemasan yang didesign lengkap (labelingnya) serta terlihat cantik dan menarik akan lebih mudah dijual dari pada produk bulky. Kemasan bisa menjadi sarana memenuhi kebutuhan akan size kebutuhan yang diinginkan konsumen. Kemasan menjadi sarana untuk menyatakan image produk yang dikemas. Upayakan kreasi kemasan yang up to date untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Menambah Nilai Jual
Yang pasti adalah mengemas produk menjadikan harga jual jauh lebih menguntungkan dari pada dijual bulky tanpa kemasan. Kemasan mewah namun diisi dengan produk biasa bahkan bisa mendongkrak pendapatan. Jika ingin menambah keuntungan dan kelangsungan usaha maka mengemas merupakan salah satu solusinya.

 

 

 

 

 

 

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

Anda ingin lihat keseruan generasi milenial dari dunia kuliner yang kekinian? Atau ingin melihat wujud mimpi Anda menjadi foodpreneur?

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami