Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

Biz Camp LeZAT Academy bersama Yuyun Anwar

SURABAYA - Pada akhir November 2015 lalu,

LeZAT Academy sukses menggelar Biz Camp dengan menggandeng sang praktisi dan penulis “Buku Kuliner Pangan” yaitu Yuyun Anwar. Ini merupakan biz camp yang pertama kali di Indonesia dan belum pernah diadakan oleh instansi-instansi luar. Biz Camp ini berlangsung selama tiga hari yakni mulai 19/11/15 hingga 21/11/15 dan diadakan di dapur LeZAT Jl. Veteran Blok 9-B Surabaya.

Diikuti oleh ragam peserta dari berbagai kota seperti Solo, Lampung, Bali, Sumatra, hingga Manado menjadikan suasana pelatihan menjadi semakin seru, dikarenakan para peserta bisa saling bertukar ide dan pengalaman mereka masing-masing. Semua peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti workshop selama 3 hari ini. Bersama Yuyun Anwar, dijelaskan dan diajarkan secara langsung bagaimana cara memperhitungkan modal dan biaya lainnya sampai dengan memproduksi makanan yang praktis dan benar tanpa tergantung tukang masak atau chef.

Yuyun Anwar juga menuturkan, masalah utama dari para UKM ketika menjalankan usaha adalah saat kehilangan tukang masak. Tukang masak  identik dengan diri pribadi, sehingga keberadaanya sulit sekali untuk dipegang. Seringnya yang terjadi adalah tukang masak keluar masuk sehingga bisnis akan menjadi terhambat. Pada workshop ini, Yuyun Anwar mencoba untuk mencari solusi sebuah program  “City Pop” yaitu dengan bagaimana cara memproduksi makanan secara cepat, efisien, tepat dan tanpa menggunakan tukang masak. “Workshop ini sangat cocok dengan manajemen yang praktis untuk para usaha katering dan para pemula usaha,” ujar Yuyun.

Para peserta mendapat materi menulis resep dan cara mengembangkannya. Selain itu managemen mutu food safety, dan HACCP serta tekhnologi makanan, semua telah dikupas tuntas termasuk 25 menu basic yang juga masing-masing menu terdapat harga pokok penjualan.