Home arrow VISITOUTLET arrow Belajar Cake Decorating Dengan Buttercream
Cover Edisi Terbaru
Image
 

Image 

Image

Image

Image 

Image 

 

TIPS & ACCESSORIES
LIFESTYLE & LEISURE
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



User Login





Lost Password?
No account yet? Register
Who's Online
We have 1 member online

Putri (CS-1)

Aini (CS-2)

Sefti (CS-3)

Ida (CS-4)

Leny (CS-5)

Rika E (Redaksi)

Image 
Image
 
Belajar Cake Decorating Dengan Buttercream Print E-mail
Friday, 29 July 2011

Image

    Untuk Anda pecinta cake decorating, menghias cake dengan buttercream bisa menjadi pilihan untuk membuat kue cantik. Tak hanya teknik-teknik dasar, tapi juga diberikan beberapa teknik menutup cake dan cara memegang piping bag dengan benar

Bertempat di Natural Cooking Club yang terletak di Matraman, kelas Cake Decorating Butter Cream bulan Januari 2011 lalu diikuti tujuh orang peserta, dan dua diantaranya berasal dari Singapura. Materi kursus yang diprogram selama empat hari ini cukup padat, selain itu setiap peserta juga langsung mempraktekkan semua teknik-teknik yang diajarkan Fatmah Bahalwan sebagai pengajar.
      Peserta dibekali dengan teknik piping yang benar selain mengenal jenis-jenis adonan buttercream yang sesuai dengan fungsi dan kegunaan untuk menghias cake. “Dalam kelas Cake Decorating Buttercream ini, siswa dilatih mulai dari dasar dan membuat model empat model aplikasi hiasan buttercream aneka bentuk hingga frozen buttercream transfer,” jelas Fatmah. Mendekor kue dengan buttercream dengan teknik piping menurut Fatmah diakui oleh para cake decorator dunia sebagai salah satu teknik yang paling sulit dalam hal menghias cake. Teknik dengan mempergunakan piping bag dan alat bantuan berupa spuit ini harus dikuasai dari tingkat dasar, dan memahami cara memegang piping bag untuk menghasilkan goresan hiasan yang diinginkan.
 
Alat dan Bahan
Image    Peserta kursus akan mendapatkan peralatan serta bahan selama kursus berlangsung. Peralatan yang didapat antara lain delapan spuit dasar untuk menghias cake yaitu, spuit nomer 127,104, 15, 22,199,4,48, dan 65 ditambah scrapper segitiga dan paku mawar Fatmah Bahalwan juga mengajarkan membuat buttercream. Selain menggunakan buttercream, cokelat ganache dan cream cheese bisa menjadi pengganti buttercream untuk menghias cake. Jadi selain cantik cake Anda juga akan lebih lezat. Pada hari pertama kursus peserta dikenalkan dari dasar menutup cake mempergunakan butter cream dengan bantuan scraper segitiga agar sempurna. Selain itu dijelaskan resep pembuatannya. Peserta juga belajar bagaimana membuat berbagai jenis hiasan berbentuk kerang. Mulai dari kerang biasa, kerang bentuk koma, kerang berdiri, kerang bertumpuk, ruffle, bunga rose serta tali-tali atau stringwork dari butter cream.
       Hari kedua peserta mengulang pelajaran hari pertama dan mendapat tambahan pelajaran mewarnai buttercream serta paduan warna untuk menghasilkan warna lain. Bagaimana membuat gradasi warna untuk tampilan hiasan buttercream. Peserta juga belajar membuat garis-garis (lattice) serta tambahan membuat anyaman, kerang lilit dan kepang serta aneka bunga. Menjelang hari ketiga, peserta mendapat tambahan materi bagaimana membuat benteng-benteng untuk menghias cake serta membuat cornelli lace yang cantik. Pada hari keempat atau hari terakhir, merupakan saat pengujian dari kemampuan peserta. Selain itu diberikan tambahan materi menghias cake dengan teknik frozen buttercream transfer.
 
Image
Cake

Image    

Lezat Edsus Kue Kering
Image
Lezat Khusus
Image
Tabloid Lezat
 
Rubrikasi
ART&DECCO
BAKING SERVICE
BAKING TIPS
BAKERSPIRIT
BIZCHANCE
BIZMANAGEMENT
CREATIVERECIPES
CHEFDELIGHT
EXEBI&SHOW
EQUIPTECH
FLAVORTOSAVOUR
FEATURESFAT
FLOURPOWER
GLOBITREND
INBAKING
INGREDIENTS
INSPIRANOVA
MARKETACTIC
PACK&DISPLAY
RICHTASTE
SPOTLIGHT
TIPS&TRICK
VISITOUTLET
Advertisement
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday554
mod_vvisit_counterYesterday666
mod_vvisit_counterThis week3638
mod_vvisit_counterThis month18854
mod_vvisit_counterAll806100