Home arrow SPOTLIGHT arrow Solusi Tepat Untuk Membuat Roti dan Kue
Cover Edisi Terbaru
Image
 

Image 

Image

Image

Image 

Image 

 

TIPS & ACCESSORIES
LIFESTYLE & LEISURE
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



User Login





Lost Password?
No account yet? Register
Who's Online
We have 1 member online

Putri (CS-1)

Aini (CS-2)

Sefti (CS-3)

Ida (CS-4)

Leny (CS-5)

Rika E (Redaksi)

Image 
Image
 
Solusi Tepat Untuk Membuat Roti dan Kue Print E-mail
Saturday, 16 October 2010
Image             Penggunaan tepung premix sering dianggap kurang kreatif, karena dianggap hanya menambahkan air, masuk ke oven dan langsung berbentuk cake atau roti. Pengertian premix sering dipandang sempit bagi yang kurang kreatif. “Coba lihat beberapa gerai donat. Sama-sama menjual donat, dan sama-sama mempergunakan tepung premix yang sama, tapi masing-masing toko menghasilkan rasa yang berbeda,” terang Hardy Sambas.
            Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba produk premix. Melalui berbagai jenis bahan premix, Anda akan memperoleh berbagai macam kreasi. “Untuk mempermudah penggunaan tepung premix, Puratos menyediakan berbagai bahan penunjang untuk menghasilkan kreasi pastry yang sama enak dan sama menariknya dengan produk pastry yang dibuat dengan bahan-bahan biasa non-premix,” jelas Liny Susantyo.

            Bahkan para produsen tepung premix menyediakan layanan customized atau
tailor-made bagi pelanggannya. Servis ini ditujukan bagi pelanggan yang menginginkan tepung premix-nya lebih memiliki ciri khas dan berbeda dengan bakery lainnya. “Ada yang ingin hasilnya lebih manis atau sedikit asin, tergantung dengan keinginan customer. Tergantung kreativitas masing-masing bakery” terang Dicky Sugiharta.

            “Ciri khas produk dapat dibentuk oleh Anda sendiri, banyak faktor yang akan mempengaruhi signature setiap produk walaupun mereka menggunakan produk premix yang sama. Never stop to be creative,” tegas Hardy Sambas.

F.A.Q MENGENAI PREMIX

Image

T: Apakah saya harus memiliki keahlian khusus untuk mengolah premix?

J: Tidak. Namun memiliki pengetahuan baking standar akan lebih baik lagi.

T: Apakah produk cake atau roti yang terbuat dari tepung premix akan memiliki rasa khas?

J: Tidak. Tepung premix terbuat dari bahan-bahan standar untuk pembuatan cake, roti atau pudding. Bahan-bahan tersebut diproses sedemikian rupa, sehingga saat dipergunakan, konsumen tinggal menambahkan beberapa bahan seperti telur, air atau susu. Jadi, rasa dari produk cake, roti atau pudding tetap sama seperti halnya kita membuat dari bahan-bahan non-premix.

T: Mempergunakan produk premix akankah menjamin produk menjadi tidak gagal?

J: Jika kita mengikuti prosedur yang dianjurkan oleh produsen tepung premix, kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami kegagalan. Tetapi harus didukung juga dengan beberapa teknik dasar mengolah bahan dan mempergunakan peralatan baking.

T: Saya ingin berbisnis bakery, tepung premix adalah salah satu solusi untuk efisiensi dan konsistensi rasa. Apakah nantinya bakery saya tak memiliki ciri khas?

J: Dalam menjalankan bisnis bakery, selain ditunjang oleh investasi, lokasi dan resep yang bisa diandalkan, Anda harus memiliki kreativitas. Kreativitas tak hanya untuk bentuk sajian yang indah, namun ditampilkan juga dalam mengolah bahan. Mempergunakan tepung premix justru akan memicu berbagai ide untuk membuat berbagai sajian yang unik dan berselera.

T: Apakah tepung premix banyak mempergunakan bahan kimia? Amankah untuk dikonsumsi?

J: Sepanjang tepung premix dibeli dari produsen yang dapat dipertanggungjawabkan, maka produk tepung premix dapat dipastikan aman. Tepung premix sendiri sebenarnya bukan ditambahkan pengawet, melainkan hanya mengurangi kadar air dalam tepung, sehingga bakteri, jamur bahkan kutu enggan hidup.

Premix Rumah Tangga

Image              Di luar negeri terutama di Amerika, premix sudah dikenal sebelum era tigapuluhan. Salah satunya adalah produk di bawah Betty Crocker (1920) perusahaan asal rumahan yang mendunia karena memasarkan produk premix.

            Indonesia sendiri mengenal premix untuk rumah tangga sejak tahun tujuhpuluhan. Jauh setelah bangkitnya premix di Amerika. Salah satu produsen premix untuk rumah tangga adalah Pondan.Tak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tepung premix Pondan ternyata sangat disukai oleh pasar menjelang hari raya Idul Fitri atau Natal. “Penjualannya bisa naik tiga kali lipat dari hari biasa. Yang laris tak hanya premix cake atau chiffon, tapi juga untuk premix nastar dan kaastengels,” terang Dicky.

           Selain Pondan, enam tahun terakhir masuk Nila Sari yang menyediakan berbagai tepung premix untuk rumah tangga dan skala industri rumahan. Melalui produk premix, Nila Sari berharap ibu rumah tangga bisa membuat kue untuk mendapatkan uang tambahan walau tanpa kursus membuat kue sebelumnya. Ini dikarenakan formulasi tepung premix sangat mudah digunakan. “Soal rasa hasil kuenya tergantung dari bahan pendukung yang digunakan karena premix ini sifatnya fleksibel untuk dimodifikasikan dengan bahan-bahan lain” jelasnya.

          Berdasarkan pengamatan Nila Sari yang sudah belajar membuat kue sejak umur 6 tahun ini, penggunaan tepung premix di luar negeri sudah biasa karena kepraktisannya. Sementara di Indonesia, penggunanya belum terlalu banyak karena kekhawatiran kegagalan dalam membuatnya. Meski tergolong baru pelanggan tepung premixnya tersebar hingga keluar kota seperti Bandung , Surabaya , dan Makassar . Untuk mengenalkan produk premixnya Nila Sari pun aktif mengikuti pameran-pameran serta cooking demo.

          Melihat animo masyarakat yang menggemari jajanan tradisional, Nila Sari pun menghadirkan tepung premix jajan tradisional seperti carabikang, bika Ambon, onde-onde goring, ronde, moci, lapis Surabaya, hingga bolu kukus.

         Selain aneka premix jajan tradisional, Nila Sari juga menyediakan premix untuk cake seperti black forest, tiramisu, hingga roll tart macan. Seperti tak kehilangan ide, premix roti manis, roti tawar, bakpau, cakwe hingga mie, serta premix aneka kue kering pun diproduksinya. Harga tepung premix Nila Sari pun relatif terjangkau. Hanya dengan Rp.15.000 per kemasan 500 gr untuk rumah tangga. Sedangkan untuk kebutuhan home industry tersedia kemasan 25 kg. Nila Sari juga memberikan pelatihan serta konsultasi bagi mereka yang membeli produk premixnya agar bisa menangani dan mengaplikasikan untuk kebutuhan usaha mereka.

Opini Saifudin

Technical Baker PT.Saf Indonusa

Image            Saifudin juga sependapat penggunaan premix sangat membantu efisiensi waktu untuk memproduksi aneka produk bakery dengan kualitas yang terjamin karena formula yang sudah teruji.

           Menanggapi anggapan penggunaan premix membuat produk bakery menjadi seragam. Saifudin berpendapat premix ini merupakan bahan dasar yang masih bisa dimodifikasi dan ditambah dengan bahan lain untuk menghasilkan produk bakery sesuai dengan keinginan.

           Di luar negeri penggunaan premix oleh bakery sudah cukup lama dilakukan sebagai salah satu langkah yang ditempuh untuk efisiensi waktu. “Tahun-tahun mendatang tren penggunaan premix masih akan berkembang seiring berkembangnya bakery-bakery modern di Indonesia,” urai Saifudin. Indikator ini dilihatnya saat mengikuti beberapa food expo, animo pengunjung akan produk premix cukup besar.

           PT.Saf Indonusa sebagai salah satu penyedia produk premix dari Lesafre Group dengan rangkaian produk premix Inventis telah memiliki pelanggan yang cukup luas. Mulai dari kebutuhan produk bakery untuk maskapai penerbangan, hotel, bakery, beberapa restoran cepat saji hingga pabrik roti. Saat ini rangkaian premix Inventis terdiri dari croissant, baguette, donat, buns, dan roti tawar.

 
Image
Cake

Image    

Lezat Edsus Kue Kering
Image
Lezat Khusus
Image
Tabloid Lezat
 
Rubrikasi
ART&DECCO
BAKING SERVICE
BAKING TIPS
BAKERSPIRIT
BIZCHANCE
BIZMANAGEMENT
CREATIVERECIPES
CHEFDELIGHT
EXEBI&SHOW
EQUIPTECH
FLAVORTOSAVOUR
FEATURESFAT
FLOURPOWER
GLOBITREND
INBAKING
INGREDIENTS
INSPIRANOVA
MARKETACTIC
PACK&DISPLAY
RICHTASTE
SPOTLIGHT
TIPS&TRICK
VISITOUTLET
Advertisement
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday169
mod_vvisit_counterYesterday393
mod_vvisit_counterThis week1433
mod_vvisit_counterThis month21532
mod_vvisit_counterAll808778