Home arrow INGREDIENTS arrow Gula Rafinasi
Cover Edisi Terbaru
Image
 

Image 

Image

Image

Image 

Image 

 

TIPS & ACCESSORIES
LIFESTYLE & LEISURE
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



User Login





Lost Password?
No account yet? Register
Who's Online
We have 1 guest and 3 members online

Putri (CS-1)

Aini (CS-2)

Sefti (CS-3)

Ida (CS-4)

Leny (CS-5)

Rika E (Redaksi)

Image 
Image
 
Gula Rafinasi Print E-mail
Tuesday, 20 July 2010
Image Kita sering mendengar istilah gula rafinasi dalam industri makanan dan minuman. Dalam topik mengenai gula rafinasi ini Pastry&Bakery akan berusaha menjelaskan gula rafinasi sebagai salah satu bahan baku yang digunakan dalam industri makanan dan minuman.

Salah satunya sebagai bahan bagi industri bakery yang terus bertumbuh di Indonesia beberapa tahun terakir ini.

 

Gula rafinasi berasal dari kata refinery artinya menyuling, menyaring, membersihkan. Jadi bisa dikatakan bahwa gula rafinasi adalah gula yang mempunyai kualitas kemurnian yang tinggi. Menurut Suryo Alam,  Sekjen Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI), gula rafinasi adalah gula yang diproses secara bersih dan sempurna menuju tingkat kemurnian tinggi dengan kandungan sucrose mendekati 100%. Dengan ukuran warna ICUMSA dari gelap hingga bening dengan jumlah ICUMSA di bawah 80% maka bisa dikategorikan ke dalam gula rafinasi. ICUMSA (International Commission For Uniform Methods of Sugar Analysis) merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyusun metode analisis kualitas gula dengan anggota lebih dari 30 negara. “Dalam proses produksinya gula rafinasi mengalami dua kali penyaringan. Ini yang membedakan gula rafinasi dengan gula konsumsi biasa”, jelas Suryo.

Bahan baku untuk gula rafinasi sendiri adalah gula mentah atau biasa disebut dengan raw sugar dari tebu yang masih diimpor dari luar negeri. Di dalam negeri sendiri produksi raw sugar masih terbatas. Karena itu menurut Suryo, secara bertahap produsen gula rafinasi akan membangun pabrik untuk raw sugar untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku untuk gula rafinasi.

 

Gula Rafinasi Dalam Negeri

Hingga saat ini ada 8 perusahaan produsen gula rafinasi yang tergabung dalam Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) antara lain PT.Angels Products, PT.Jawamanis Rafinasi, PT.Permata Dunia Sukses Utama, PT Dharmapala Usaha Sukses,PT. Sugar Labinta, PT.Duta Sugar International, dan PT Makassar Tene.

Tahun 2009 produksi gula rafinasi berdasarkan permintaan pasar sekitar 2,1 juta ton.

Sedangkan untuk tahun 2010 kapasitas produksi gula rafinasi yang sudah diberi izin oleh pemerintah sebanyak 3,2 juta ton.

Pemerintah memang mengatur produksi dan distribusi gula rafinasi yang hanya diperuntukkan untuk kebutuhan industri ini. Menurut Suryo saat ini kebutuhan rafinasi untuk industri mencapai 5 juta ton dengan prosentase 80% gula rafinasi untuk industri menengah dan 20% disalurkan ke distributor untuk home industri dengan kemasan terkecil seberat 50 kg.

 

Gula Rafinasi Untuk Industri Bakery

Selama ini gula rafinasi hanya digunakan untuk kebutuhan industri makanan dan minuman termasuk bakery. Menurut Suryo kelebihan penggunaan gula rafinasi untuk produk-produk makanan dan minuman seperti bakery akan membuat makanan lebih tahan lama, tidak cepat basi dan roti tidak mudah berkeringat. Ini dikarenakan proses gula rafinasi yang mengalami dua tahap penyaringan sehingga gula yang dihasilkan lebih bersih dan bebas dari bakteri. Karena semua produsen gula rafinasi harus sesuai dengan standar dari Departemen Perindustrian dan Departemen Kesehatan.

Aplikasi gula rafinasi untuk produk minuman maupun manisan akan menghasilkan produk dengan warna yang lebih alami sesuai dengan aslinya.

Untuk membedakan gula rafinasi dengan gula konsumsi biasa Suryo memberikan tips mengenali gula rafinasi dengan melihat warnanya. Kristal gula rafinasi berwarna bening dan bersih sehingga saat dilarutkan dengan air tidak akan membuat air tersebut menjadi berubah warna atau keruh melainkan tetap bening.

Pastry&Bakery/@Novi Amaliyah

 
Image
Cake

Image    

Lezat Edsus Kue Kering
Image
Lezat Khusus
Image
Tabloid Lezat
 
Rubrikasi
ART&DECCO
BAKING SERVICE
BAKING TIPS
BAKERSPIRIT
BIZCHANCE
BIZMANAGEMENT
CREATIVERECIPES
CHEFDELIGHT
EXEBI&SHOW
EQUIPTECH
FLAVORTOSAVOUR
FEATURESFAT
FLOURPOWER
GLOBITREND
INBAKING
INGREDIENTS
INSPIRANOVA
MARKETACTIC
PACK&DISPLAY
RICHTASTE
SPOTLIGHT
TIPS&TRICK
VISITOUTLET
Advertisement
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday372
mod_vvisit_counterYesterday629
mod_vvisit_counterThis week4085
mod_vvisit_counterThis month19301
mod_vvisit_counterAll806547