Home
Cover Edisi Terbaru
Image
 

Image 

Image

Image

Image 

Image 

 

TIPS & ACCESSORIES
LIFESTYLE & LEISURE
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



User Login





Lost Password?
No account yet? Register
Who's Online

Putri (CS-1)

Aini (CS-2)

Sefti (CS-3)

Ida (CS-4)

Leny (CS-5)

Rika E (Redaksi)

 
Mahakarya Sebuah Kreasi Cake Print E-mail
Monday, 28 June 2010

ImageKeberadaan sebuah cake shop yang ada di sebuah hotel tak hanya sekedar pelangkap. Di Mandarin Oriental Hong Kong, cake shop menjadi selling point tersendiri. Anda bisa mengambil inspirasinya dari situ. Rileks, cozy dengan aneka kreasi eye catching. Mungkin itulah kesan yang pantas diberikan untuk The Cake Shop Mandarin Oriental Hong Kong yang

berada di kawasan 5 Connaught Road Central. Memang, siapapun yang berkunjung ke sana, termasuk Pastry and Bakery merasakan bahwa tempat yang telah dibuka sejak tahun 1970 ini lebih dari sekedar toko kue biasa. Lihat saja deretan display maha karya pastry chef hotel ini. Di sana, aneka cake, dengan berbagai tema ditempatkan dalam sebuah display kaca bening berbentuk persegi. Untuk mendukung kesan eye catching, masing-masing kreasi cake itu ditempatkan satu cake untuk satu display.

“Tentu saja masing-masing dipilih kreasi yang terbaik agar bisa meninggalkan kesan yang tidak bisa dilupakan oleh pengunjung,” begitu papar Katherine Anthony, Public Relation Department, Mandarin Oriental Hong Kong kepada Pastry and Bakery. Khusus teknik ini, dia menyebut sentuhan tangan Yves Matthey, Executive Chef Pastry The Cake Shop Mandarin Oriental Hong Kong tidak bisa dilepaskan. Benar saja, begitu masuk ke dalam cake shop ini, pengunjung bakal disuguhi oleh 3 kreasi cake. Bentuknya bermacam-macam.

ImageImage

Parade Cake Memikat Pelanggan

Begitu masuk ke dalam, maka terlihat deretan cake dengan berbagai gaya. Ada cake bersusun bertabur buah dan bunga. Cake itu diapit cake yang dibuat seperti tas perempuan dengan grafir cokelat dan dan orange ganache. Serta cake yang dibuat mirip vas bunga menggunakan bahan dari cokelat berpadu dengan gum paste.

Masing-masing disusun dalam display secara simetris, nampak sempurna dengan deretan pastry, cake, French pastry, bread, cokelat dan masih banyak yang lainnya. Di bagian tengah, ada sebuah display dari kaca berukuran sekitar 1 x 2 meter sebagai sekitar 8 cake. Di sebelahnya ada sebuah meja tempat untuk mendisplay aneka cup cake, pastry maupun danish. Pilihan aneka deretan display-display kaca ini agaknya karena pilihan tema The Cartier of Cakes. Ini sendiri menjadi andalan dari Yves yang sudah bekerja di tempat ini sejak 1987.

“Kami mengganti tema-tema display dalam setiap waktu, antara seminggu sampai 10 hari sekali. Bahkan bila sedang festive season (musim liburan) seperti Natal, Imlek, Tahun Baru, Paskah, kami bisa mengganti kue-kue display setiap hari. Tujuannya untuk semakin merangsang minat pengunjung untuk datang ke tempat kami,” ungkap Yves dalam wawancara tertulisnya kepada Pastry and Bakery.

Dia menyebut, tema ini cukup sukses menjadi andalan cake shop ini sebagai salah satu selling point sebuah hotel. Alasannya, dengan menyajikan display sebaik mungkin kepada pelanggan, minat membeli sebuah produk akan semakin tinggi.

“Anda tahu, 50 persen pelanggan sebelum membeli sebuah kue adalah melihat kreasinya terlebih dahulu. Rasa memang penting, namun kreasi juga sangat menentukan. Kreasi yang baik harus dipamerkan. Itulah sebabnya saya selalu memompa semangat para pastry chef untuk membuat kreasi sebaik mungkin,” ungkap Yves yang dibantu asistennya Bob Tay.

Memang, seolah ada kompetisi yang menguntungkan diantara para chef. Tim pastry chef di hotel ini seolah berlomba untuk menghasilkan yang terbaik. Sehingga namanya bisa disandingkan dengan kreasi cake mereka. “Display-display kaca itu sebagai ajang prestasi para tim kami. Sehingga ini merangsang mereka untuk membuat karya yang sebaik mungkin. Bila sudah demikian, pengunjung akan semakin banyak dan membeli,” imbuhnya. Ini agaknya juga bukan isapan jempol. Dari beberapa sumber Pastry and Bakery, menyebut bila The Cake Shop Mandarin Oriental Hong Kong menjadi salah satu best cake shop di Hong Kong dengan beberapa pelanggan kalangan artis. Termasuk menjadi langganan toko kue yang dipesan untuk Hong Kong Asian Film Awards selama 2 tahun berturut-turut antara 2007 dan 2008.

ImageImageImage

Salvatore Ferragamo Pun Jatuh Hati

Kreativitas dan presentasi memang menjadi salah satu jualan penting tempat ini, selain menawarkan rasa dan kualitas. Bahkan Salvatore Ferragamo, seorang fashion desainer papan atas dari Italia, yang mampir ke Hong Kong dan melihat deretan pastry yang ada di sana langsung jatuh hati. Akhirnya Salvatore meminta kepada Yves untuk dibuatkan sebuah cake berbentuk sepatu yang disajikan untuk Wanda Ferragamo pada ulang tahun perusahaan tersebut. Bahkan, pesanan terus berlanjut karena para pelanggan Salvatore Ferragamo di Italia secara khusus memesan kue itu dari Hong Kong. “Prestasi itu menjadi kenangan tersendiri bagi saya secara pribadi maupun tim. Dari sebuah kreasi dan presentasi produk bisa menyentuh hati pelanggan yang ada ribuan mil jaraknya,” kata Yves.

Tak hanya soal presentasi. The Cake Shop Mandarin Oriental Hong Kong juga memiliki beberapa karya masterpiece secara khusus direferensikan untuk pelanggan. Yves menyebut ada beberapa item yang jadi favorit antara lain Mandarin Oriental Cheesecake, Chocolate Truffle Cake, Blueberry Cake, Fresh Mango Cheese Cake. Khusus yang terakhir ini para chef memadukan segarnya buah mangga dipadu gurihnya keju mozzarella yang lembut terasa lumer di mulut.

“Sepanjang orang-orang yang ada di belakang sebuah bakery/ cake shop mampu menampilkan sesuatu yang tidak hanya unik atau berbeda, namun mampu dekat di hati pelanggan, bisnis ini tak akan pernah mati,” tutup Yves.

CHOCOLATE THERAPY CORNER

Tak lengkap rasanya berbicara sebuah cake shop tanpa cokelat. Untuk yang satu ini, pihak Mandarin Oriental Hong Kong menyediakan Chocolate Theraphy Corner. Stand yang diluncurkan pada 2008 ini memang betul-betul full cokelat. Dimana item yang disajikan mulai kreasi, kue, pastry dan seluruhnya adalah cokelat. Ini merupakan ide dari Executive Pastry Chef Yves Matthey dan Executive Chef, Uwe Opocensky.

“Cokelat sudah memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, kecantikan dan sejenisnya. Di situ kami menampilkan sekitar 40 jenis cokelat, dari berbagai kombinasi, tekstur maupun rasa. Lengkap dengan khasiatnya, tentu saja dengan kreasi-kreasinya. Jadi sepanjang tahun para pelanggan bisa mencicipi aneka produk cokelat, lengkap dengan khasiatnya untuk tubuh,” terang Yves kepada Pastry&Bakery.

Pastry&Bakery/@Rio Chan (Hong Kong)

Foto-foto : Rio Chan

 
Image
Cake

Image    

Lezat Edsus Kue Kering
Image
Lezat Khusus
Image
Tabloid Lezat
 
Rubrikasi
ART&DECCO
BAKING SERVICE
BAKING TIPS
BAKERSPIRIT
BIZCHANCE
BIZMANAGEMENT
CREATIVERECIPES
CHEFDELIGHT
EXEBI&SHOW
EQUIPTECH
FLAVORTOSAVOUR
FEATURESFAT
FLOURPOWER
GLOBITREND
INBAKING
INGREDIENTS
INSPIRANOVA
MARKETACTIC
PACK&DISPLAY
RICHTASTE
SPOTLIGHT
TIPS&TRICK
VISITOUTLET
Advertisement
Artikel tentang apakah yang paling menarik bagi anda?
 
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday139
mod_vvisit_counterYesterday662
mod_vvisit_counterThis week1498
mod_vvisit_counterThis month139
mod_vvisit_counterAll844472