fbpx

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

    MOBAC Show 2013 merupakan ajang promosi untuk teknologi dan produk baru dalam bidang bisnis bakery. Berbagai kebutuhan dan kelangsungan bisnis bakery seperti mesin, bahan baku mentah hingga teknologi kemasan hadir dalam eksibisi ini.

    Melanjutkan laporan perjalanan Pastry&Bakery bersama PT Lumbung Nasional Flour Mill (PT.LNFM) di negara Jepang, menyempatkan untuk berkunjung ke sebuah pameran Mobac Show 2013. Sebuah pameran yang menampilkan berbagai kebutuhan bisnis bakery, mulai dari mesin-mesin pengolahan bahan hingga oven-oven dan mesin pengemasan produk. Tak hanya mesin-mesin saja yang tersaji dalam Mobac Show 2013 yang digelar di International Exhibition Center Osaka pada 6 – 9 Maret 2013 lalu, tapi banyak juga bahan-bahan seperti tepung terigu, yeast, produk-produk frozen dough untuk industri makanan hingga peralatan penunjang lainnya. Mesin-mesin yang tersedia sangat beragam. Mesin bread line adalah salah satu mesin yang banyak memperoleh perhatian dari pengunjung. Berbagai mesin penunjang lainnya adalah mesin pengaduk filling atau custard juga kerap ditemui. Mesin pengaduk filling banyak ditemui karena banyak bakery dan pastry di Jepang mempergunakan custard dalam aplikasi produknya, termasuk juga moci yang sudah dikemas moderen.

Lemari Display Menarik
    Tampilan produk bakery sangat diperhatikan oleh para pebisnis bakery di Jepang. Selain kemasan yang menarik, tampilan dalam lemari display juga sangat penting. Beberapa produsen lemari display menampilkan produk-produk display yang menunjang dalam bisnis bakery. Selain membuat lemari display yang enak dipandang mata, mereka juga menampilkan lemari display yang ramah lingkungan. Mulai dari penggunaan freon yang lebih ramah lingkungan untuk cold display hingga penggunaan lampu LED hemat energi untuk penerangan dalam display. Untuk menawarkan kecanggihan dari lemari-lemari display ini, para produsen tak segan menggandeng kerjasama dengan bakery-bakery
terkenal di Jepang. Demi menampilkan realitas dari produk bakery dengan lemari display, maka seluruh tampilan lemari display dalam Mobac Show 2013 menjadi hidup dengan berbagai produk bakery yang menarik. Tak heran jika booth pameran dari beberapa penyedia lemari display penuh sesak dikunjungi penonton, hanya sekadar untuk melihat atau mengabadikan produk-produk bakery yang terpampang dalam display.

      Selain didukung oleh lemari display yang menampilkan produk-produk bakery menjadi lebih enak dipandang mata, kemasan khusus untuk produk bakery juga menjadi salah satu hal penting untuk menampilkan produk bakery menjadi lebih menarik. Masyarakat Jepang sangat peduli dengan kemasan yang enak dipandang. Maka dalam Mobac Show 2013 juga banyak menampilkan berbagai kemasan yang beraneka rupa. Mulai dari bentuk hingga materi yang dipergunakan, mulai dari plastik hingga kertas dengan cetakan menarik.

 

Kental Pengaruh Eropa
     Melihat Mobac Show 2013, sangat kental terlihat pengaruh Eropa dalam berbagai produkproduk bakery di Jepang. Menurut Antonio Siberani, Chef Ambassador dari PT.LNFM, negara Eropa memang menjadi tolok ukur dari bakery yang berkembang di Jepang. “Menariknya dari bakery di Jepang ini walaupun terpengaruh oleh gaya Eropa khususnya Perancis, para baker Jepang mengadaptasi sedemikian rupa dan disesuaikan dengan gaya dan lidah Jepang,” ujar Antonio. Tak heran jika produk-produk klasik roti atau pastry Eropa tampil cantik dengan berbagai warna-warni. Pastry a la Jepang juga sarat dengan permainan warna-warni. Bukan mempergunakan pewarna, namun bermain dengan aneka topping buah-buahan. Paduan warna segar banyak tampil dalam display-display yag menarik. Berbagai buah-buahan dipadukan dengan danish pastry atau disajikan bersama mousse maupun cake lainnya.

Bakery Japan Cup
     Pada tahun 2013 ini, kali pertama digelar ajang Bakery Japan Cup yang disponsori oleh Kementrian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang untuk memberikan apresiasi kepada baker-baker di Jepang terhadap karyanya. Selain digelar Bakery Japan Cup, juga ditampilkan beberapa lomba yang pemenangnya akan bertanding di tingkat dunia seperti, Bakery World Cup untuk menghadapi Coupe de Monde di Paris tahun 2016 nanti. Selain itu diadakan pula babak kualifikasi World Pastry Team Championship untuk membentuk team terbaik Pastry Chef dari Jepang, menghadapi berbagai kejuaraan dunia yang akan diadakan di tahun 2014 mendatang. Mendukung kemajuan dunia bakery di Jepang, dalam ajang Mobac Show 2013 kali ini hadir Road to Becker Meister yang merupakan pameran karya beberapa baker dari Jerman, Swiss, Austria dan sekitarnya. Dalam Becker Meister adalah sarana untuk mengembangkan produk bakery yang lebih baik dari segi penyajian, kualitas produk dan peduli terhadap efek kesehatan konsumen.