Magic Soufflé - Keajaiban Yang Hadir Lewat Teknik dan Pengalaman

     Belum selesai para penikmat dessert di seluruh dunia terpuaskan dengan produk Cronut™, Dominique Ansel sang pembuatnya, terus bereksplorasi dengan beragam teknik baking. Paling terbaru keluaran Dominique Ansel Bakery New York adalah Magic Soufflé.

     Dominique Ansel Bakery New York yang dikelola oleh Dominique Ansel ini memang tengah menjadi salah satu bakery yang cukup menyita perhatian para New Yorker setelah sebelumnya dikenal melalui Cronut™. Mengatasi kejenuhan dengan Cronut™ , pada awal September 2013 lalu, setelah melakukan quiz kecil-kecilan tebak produk baru di antara followernya di Twitter, Dominique Ansel akhirnya melahirkan karya terbarunya, Magic Soufflé. Setiap produk pastry baru yang hadir di Dominique Ansel Bakery New York selalu diburu dan ditunggu oleh para penggemarnya. Menilik pengalaman dengan Cronut™ dan Frozen S’mores, Dominique Ansel memilih untuk menyimpan rapat-rapat resepnya. Bahkan Anthony Soriano, Bakery Manager Dominique Ansel Bakery NY mengaku tak mengetahui detail resep terbaru Dominique. Untuk mengupas rahasia Magic Soufflé ini, Anthony mengundang Jeffrey Wurtz, Executive Pastry Chef Plaza Hotel NY, sebagai salah satu kreator soufflé terbaik di NY.

Klasik Namun Moderen


     Memasuki musim gugur, Dominique ingin membuat sesuatu yang menghangatkan cuaca yang mulai dingin. Soufflé sendiri salah satu desserts classic yang disajikan hangat-hangat. Tapi Dominique tidak ingin menyajikan soufflé dalam ramekin (mangkuk keramik). “Saya ingin lebih portable, menyenangkan, namun tidak disajikan dengan cara tradisional yang minimal harus menunggu 20 menit sebelum bisa dinikmati,” ujar Dominique. Dominique sendiri tertantang untuk menyajikan soufflé dengan tekstur lembut, ringan, tanpa membuat pembeli menunggu 20 menit souffle dihidangkan. “Saya menemukan cara untuk menstabilkan resep soufflé yang hangat dan tidak rusak dalam tekstur yg lembut, caranya dengan dibalut brioche orange dan cokelat, cocok disajikan untuk musim gugur, tanpa meninggalkan tradisional french flavour dengan sentuhan sedikit Grand Marnier (liquor bercita rasa jeruk/ orange),” jelas Dominique lebih lanjut.

Teknik Benar Produk Sempurna


     Dominique mengungkapkan bahwa tak ada teknik molecular gastronomy dalam pembuatan magic souffle ini. Rahasianya adalah pada keterampilan dan pengalaman serta ilmu dalam pembuatan pastry, “Yang penting kita tahu dari teknik-teknik yang benar untuk bisa menguasai dan membuat pastry yang istimewa. Resep souffle cukup simple; cokelat, gula, putih telur, dan menguasai tekniknya untuk menjadikannya magic,” ungkap Dominique.Dominique sendiri menjual produknya seharga $7 per potongnya. “Saya tidak ingin kreasi mematikan kreativitas. Ini bukan dalam rangka membuat Cronut™ versi baru, namun membuat produk baru yang berbeda dari Cronut™.

Tips Membuat Magic Soufflé

• Perbandingan timbangan dan adonan dengan loyang sangat penting. Untung menghitung jumlah berat adonan menggunakan rumus Panjang (p)x Lebar(l)x Tinggi (t). Misal loyang yang digunakan berukuran 7x7x10 = 490 setelah itu bagi menjadi dua bagian.
• Pengocokan putih telur pada adonan soufflé harus benar-benar lembut, kocok dengan kecepatan sedang.
• Loyang untuk memanggang soufflé tidak boleh dioles dengan mentega, karena akan membuat adonan amblas.

Soufflé Ajaib Dari Dominique Ansel Bakery New York

      Terinspirasi dari kreasi terbaru Dominique Ansel Bakery New York yang sukses dengan Cronut beberapa waktu lalu, Yongki Gunawan menghadirkan kreasi Magic Soufflé dibalut dengan kulit Danish Pastry, bagi pembaca setia Pastry&Bakery. Magic Soufflé dikenalkan oleh Dominique awal September lalu, tidak seperti kreasi Cronut™ sebelumnya yang akhirnya bisa diikuti bakerybakery lain. Kreasi soufflé ajaib ini sangat rahasia, bahkan sang Bakery Manager Anthony Soriano pun tidak tahu bagaimana soufflé ini dibuat. Soufflé lembut ini enak dinikmati selagi hangat dengan cokelat leleh di dalamnya seperti molten cake.