Mille Crepes Siap Geser Pamor Rainbow Cake

{mosimage}

     Mille Crepes mungkin belum terlalu populer di kalangan masyarakat pencinta dessert, namun belakangan beberapa
bakery maupun resto mulai menyediakan dessert khas Perancis ini. Namun, Mille Crepes di tahun 2013 ini bakal menggeser Rainbow Cake yang sempat merajai produk cake di tahun 2012 lalu.

     Selain dikenal dengan nama Mille Crepes dalam bahasa Perancis, cake nan lembut ini juga dikenal sebagai Thousand Layer Cake, belakangan karena banyak diadaptasi oleh bakery-bakery dari Jepang, dikenal pula dengan nama Hokkaido Thousand Layer Cake. Sebenarnya Mille Crepes bukan cake, karena berupa tumpukan lembaran crepe yang dilapisi dengan pastry cream dengan fl avour vanilla. Salah satu penyedia Mille Crepe yang sangat terkenal di penjuru dunia, sekaligus banyak memberikan inspirasi kepada bakery-bakery untuk menampilkan produk ini adalah Lady M Confections di New York City, Amerika Serikat. Selain kreatif dengan berbagai fl avour untuk Mille Crepe-nya, Lady M Confections juga memiliki tampilan yang elegan dan klasik. Tak heran jika counter Lady M Confections di Plaza Food Hall dan boutique-nya di New York disesaki oleh warga New York maupun turis mancanegara.

Modifi kasi Resep Sesuaikan Selera

     Mionette, salah satu online cake shop yang mengusung Mille Crepe menjadi andalannya, mengaku terinspirasi oleh Lady M Confections. Menurut Irvan Nurhalim yang pernah mencicipi langsung produk Mille Crepe Lady M Confections
mengakui jika rasanya memang berbeda. Pastinya enak karena paduan krim dan crepenya benar-benar sempurna,” ujar Irvan sambil tersenyum. Mionette sendiri melakukan modifikasi terhadap crepe untuk Mille Crepe-nya agar diterima lidah masyarakat Indonesia. “Kami membuat crepe yang teksturnya lebih lembut. Adonan yang disiapkan harus didiamkan minimal 8 jam, lebih baik lagi jika diinapkan selama semalam. Hasil crepe selain lebih lembut juga lebih kuat tidak mudah koyak,” jelas Irvan. Perlu satu tahun bagi Irvan dan sang istri, Vina Jafar menyempurnakan resep crepe untuk Mionette. “Kami mengejar tekstur crepe yang lembut, ditunjang dengan filling yang disesuaikan selera masyarakat Indonesia,” terang Irvan. Jika Mionette memerlukan R&D selama satu tahun, Mayven dari Champs Patiserrie melakukan uji coba resep sekitar dua hingga tiga bulan lamanya, hanya untuk menemukan resep pas yang akan disukai sesuai karakter orang Indonesia. Lanjut Mayven, “Selain uji coba resep, kami juga menguji bahanbahan pilihan terbaik untuk dipergunakan membuat crepe dan filling yang tepat.”

Selalu Pilih Bahan Terbaik

     Mille Crepe selain menarik dari tampilannya yang klasik dan unik juga memiliki ciri khas dari fillingnya menyatu dengan lembaran crepe, menghasilkan paduan rasa nikmat dan meleleh dalam mulut. “Sensasi melt in your mouth yang
kami inginkan pada saat menikmati Mille Crepe,” terang Mayven. Agar memperoleh filling yang istimewa, Mayven memilih mengolah sendiri bahan baku seperti selai/jam. “Semua filling seperti red bean, macha green tea, strawbery jam, lemon jam benar-benar kami produksi sendiri tanpa memberi zat tambahan. Semuanya dimaksudkan agar Mille Crepe dari Champs Patisserie memiliki lebih dari rasa yang enak, namun juga bahan-bahan yang istimewa,” sahut Mayven. Memilih bahanbahan terbaik untuk memperoleh produk istimewa diakui oleh Darren Kung dari First Love Patisserie, “Untuk hasil terbaik kami memilih produk-produk terbaik. Memilih telur juga harus yang bagus, maka kami memilih mempergunakan bahan baku berupa telur Omega-3 yang harganya tentu saja sedikit lebih tinggi dibandingkan telur ayam curah,” terang Darren.

Aneka Filling Sempurnakan Rasa

     Memperhatikan Mille Crepe yang ada di pasaran, menawarkan Mille Crepe Cream Vanila, Cokelat, Green Tea dengan beberapa variasi selai buah-buahan seperti strawberry atau blueberry. Namun jangan takut untuk mencoba berbagai rasa sesuai dengan selera kita. “Untuk filling Mille Crepe boleh apa saja. Mempergunakan cream cheese juga bisa, bahkan rasa Pandan juga tidak dilarang,” ujar Chandra Humanita, Assistant Technical Manager PT Sinar Meadow International Indonesia. Lanjut Chandra, “ Tinggal sesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Berbagai rasa tidak pernah salah dipadukan dengan crepe. Bahkan Mille Crepe savoury bisa dicoba. Tinggal membuat crepe asin, dan membuat Saus Bechamel.” Mengerti orang Indonesia menyukai kopi, maka Darren menawarkan Mille Crepes Cappuccino yang sarat dengan aroma kopi dipadukan dengan taburan cokelat bubuk di atasnya. Begitu pula Mille Crepe Oreo , biskuit yang sangat populer di masyarakat Indonesia diusung oleh First Love Patissiers menjadi salah satu produk andalannya. Sensasi renyah dan lembutnya vanilla cream berpadu menjadi sajian menarik. Bagi masyarakat Indonesia yang menyukai sajian yang manis dan legit, ditangkap oleh Champs Patisserie dengan Mille Crepes Lapis Legit. Sengaja memberikan nuansa menarik, Champs Patisserie juga menampilkan Mille Crepes Rainbow. Rainbow Cake bisa jadi akan bisa tergeser oleh pesona Mille Crepes, namun semburat warna-warni rainbow tetap akan menghiasi beberapa produk cake dan dessert.