fbpx

Trend Bakery 2012 Harus Jeli Untuk Bisa Maju


Sebentar lagi kita akan jejakkan kaki di tahun baru, tahun 2012. Menyambut tahun 2012, berbagai persiapan harus dijalankan untuk memprediksi arah perkembangan bisnis bakery. Tren apa kiranya akan naik dan produk apa saja yang akan disukai oleh pelanggan.


      Tahun demi tahun berganti, sebagai pengusaha menghadapi tahun baru harus memiliki strategi yang tepat agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu pula dengan bidang bisnis bakery di Indonesia. Persaingan makin ketat, dan untuk bisa memenangkan hati pelanggan sekaligus meraih laba yang menguntungkan, Anda juga harus memikirkan berbagai strategi. Tak hanya menampilkan produk-produk yang beragam, namun sekali lagi Anda harus memperhatikan selera dari masyarakat saat ini. Banyak pengusaha yang sepakat, bahwa produk yang bagus adalah produk yang disukai oleh pelanggan. Bukan berupa produk yang diciptakan dengan standar selera dari sang pengusaha. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya kita harus peduli dengan suara pembeli, selera dari lidah pelanggan kita.

      Selain memahami selera pembeli, kita juga harus peduli dengan tren dunia yang sedang berkembang. Kira-kira apa saja tren yang mendukung dalam bisnis bakery di Indonesia?

Kesehatan dan Nutrisi
Agar bisnis bakery menjadi sukses, ada salah satu kunci yang harus diperhatikan, yaitu pengembangan produk agar memiliki nilai tambah untuk kesehatan. Maka dalam beberapa tahun belakangan, sering kali kita mendengar istilah roti sehat, roti kaya serat dan beberapa sebutan lainnya. Kesadaran akan kesehatan dengan konsumsi makanan yang mengandung cukup gizi menjadi salah satu isu penting dalam bisnis bakery.

    Bakery memiliki tanggung jawab dalam menghasilkan produk dengan klaim memiliki kandungan gizi. Namun tak hanya sekadar klaim, bakery bisa memberikan informasi yang jelas dan tentu saja tidak menyesatkan bagi pelanggannya. Tak cukup menghasilkan produk dengan cakupan gizi bagi konsumen, sebuah bakery harus memiliki sanitasi yang baik untuk dapurnya. Kontaminasi produk dengan bakteri-bakteri merugikan berasal dari sebuah dapur serta gudang bahan produksi yang kurang terjaga kebersihannya. Isu kesehatan dan kebersihan pada tahun 2012 menjadi suatu hal yang penting. Penurunan kualitas lingkungan sekitar menjadi salah satu pemicu timbulnya beberapa penyakit menular, salah satunya adalah penyakit Hepatitis A yang belakangan banyak terdengar. Salah satu pemicu berkembangnya penyakit Hepatitis A karena kurangnya sanitasi lingkungan. Maka, bakery masa kini dituntut untuk memiliki dapur yang terjaga kebersihan dan sanitasinya, serta memiliki saluran pembuangan yang terpisah sehingga mencegah terjadi kontaminasi bakteri-bakteri yang tidak menguntungkan.

Back to Classic
Perilaku konsumen seringkali tidak bisa ditebak. Pengaruh tren mau tak mau terjadi karena minat konsumen sendiri terhadap produk yang sudah ada di pasaran. Minat pada konsumen tercipta jika suatu outlet menawarkan sesuatu hal yang berbeda dari biasanya. Penampilan menarik, rasa sesuai dengan ekspektasi, sedikit banyak mempengaruhi keputusan untuk membeli suatu produk.


      Untuk bisa memperoleh kesempatan memajukan tren, sebagai pengusaha Anda harus bisa menghitung atau memperkirakan produk apa yang nantinya bisa menjadi naik daun. Anda bisa menganalisa penjualan produk selama tiga tahun terakhir. Kira-kira produk apa yang tingkat penjualannya paling menonjol. Dari analisa tersebut kita juga bisa melihat tingkat pertumbuhan dari bisnis yang Anda kelola.


     Pastry&Bakery mengamati banyaknya inovasi produk bakery pada beberapa tahun belakangan agak membuat sedikit kejenuhan dari pembeli. Keinginan untuk menikmati produk-produk dengan rasa atau resep tradisional mulai timbul. Kemauan dari pribadi maupun komunitas untuk memperkenalkan atau melestarikan makanan maupun camilan tradisional bermunculan. Maka pada tahun 2012 nanti produk jajanan pasar khas Indonesia bisa meraih perhatian dari pembeli. Agar menarik, Anda juga harus bisa mempresentasikan produk tersebut dengan tampilan yang lebih menarik serta ditunjang dengan pengolahan yang baik, maka produk klasik tersebut bisa sejajar dengan produk bakery lainnya.


      Roti-roti manis tetap disukai, namun ditampilkan dengan porsi yang agak kecil. Penyajian untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman berupa roti dengan ukuran lebih besar atau roti sobek bisa menjadi alternatif dalam menawarkan inovasi bentuk. Roti sobek sendiri sudah lama dikenal masyarakat, dan sempat agak tenggelam karena larisnya roti dengan single portion. Kecenderungan masyarakat masa kini yang aktif bersosialisasi serta melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga, bisa mendorong kembali naiknya roti ukuran besar yang bisa dinikmati bersama.

Tampilan Menarik
Mengundang perhatian dari pembeli tentunya tak lepas dari produk yang tampilannya menarik. Menjelang akhir tahun 2011, Wilton memperkenalkan Cake Pops. Pastry&Bakery melihat bahwa tampilan Cake Pops yang mudah dibuat serta ditampilkan menarik bisa menjadi alternatif chocolate candy stick ataupun praline yang sedikit meredup. Penggunaan bahan cokelat sebagai dekorasi Cake Pops masih mendominasi. Mudah diaplikasikan, dengan hasil akhir yang cantik.


      Produk dengan tampilan cantik harus didukung pula dengan kemasan yang baik. Walaupun produk yang kita jual rasanya enak, dengan dekorasi cantik, jika kemasannya tidak menarik akan mengurangi nilai jual. Jangan segan berinvestasi dengan kemasan box atau sekadar tas plastik. Dengan kemasan yang lebih baik, mau tak mau menaikkan harga jual, sekaligus memberikan rasa bangga kepada si pembeli. Jadikan kemasan produk Anda menjadi trend setter dan simbol sosial. Melihat beberapa orang menenteng kemasan cantik, secara tak langsung mempengaruhi otak kita untuk ikut berbelanja, tak ubahnya seperti iklan berjalan.


Manfaatkan Media Sosial
Promosi produk melalui iklan sangat penting. Untuk bisa beriklan juga diperlukan dana tak sedikit. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis melakukan promosi melalui media sosial via internet seperti facebook dan twitter. Rajin melakukan update, berbagi informasi sekitar komunitas menjadi daya tarik dari calon pembeli maupun pelanggan Anda. Mereka merasa produk Anda menjadi bagian dalam hidup sehari-hari. Kuncinya rajinlah mengupdate berita-berita terkini, kabar-kabar terbaru mengenai seleb atau kejadian yang sedang hangat.


      Website yang beberapa tahun lalu tampil sebagai wajah produk Anda, bergeser dengan kehadiran media sosial. Website masih diperlukan sebagai portfolio dan katalog menu yang Anda tawarkan. Selebihnya untuk memperkenalkan produk atau mendorong product awareness, serahkan pada media sosial. Melalui media ini, Anda juga bisa menjaring pembeli-pembeli dengan usia yang lebih muda, dan nantinya bisa menjadi pengiklan dari mulut ke mulut. Referensi dari teman yang sudah dikenal, biasanya lebih ampuh untuk didengar orang, terlebih lagi jika referensi tersebut datang dari artis, seleb, atau orang yang berpengaruh. If it’s trendy on the internet, people will buy it. Jadi, sudah siapkah Anda menyambut gemilang tahun 2012?