Wiratama Food & BeveragWiratama Beverage-Solusi Mudah Bisnis Es Krim

Siapa bilang membuka bisnis es krim itu sulit? Tanpa berbekal pengalaman, dengan mudah bisa membuka bisnis ini kapan pun Anda siap modal dan semangat.Ternyata ada penyedia berbagai mesin es krim yang siap dipergunakan untuk bisnis.

     Anda ingin memulai bisnis es krim? Tapi Anda memiliki kendala berupa modal yang terbatas, dan tidak memiliki  pengetahuan yang cukup untuk mengolah es krim? Jangan berhenti pada keinginan untuk memulai bisnis. Setiap keinginan pasti selalu ada solusinya. Pastry&Bakery berkesempatan mengunjungi workshop Wiratama Food & Beverage dan berkenalan dengan Rudy Winoto sang pemilik dan penggagas perusahaan penyedia alat-alat mesin es krim dan berbagai perlengkapannya. Berbekal dari kepeduliannya terhadap pengembangan bisnis UKM, Rudy tergerak untuk menyediakan mesin es krim yang dibuat khusus untuk kebutuhan calon pebisnis di Indonesia.

    “Awalnya karena saya prihatin, mengapa kalau orang ingin berbisnis banyak pertimbangan. Sehingga saya berpikir, hal apa yang bisa membantu orang yang ingin berbisnis mudah,” kenang Rudy. Maka, mesin yang ia kreasikan sebisa mungkin harus mudah dioperasikan, mudah dibersihkan dan mesinnya bandel. Kebetulan pula Rudy juga sudah menggeluti bidang mesin pendingin, jadi untuk mengkreasikan mesin es krim yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia, ia tak mengalami kendala. Bisnis ini baru dijalankan dua tahun yang lalu bersama seorang teman akrabnya Hidayat Peje. Kedua sobat ini saling mendukung merintis bisnis mesin es krim, Rudy bertanggung jawab dengan masalah teknis dan Hidayat mengurusi marketing.

 

One Stop Shopping

Yang membedakan antara mesin es krim keluaran Wiratama F&B dengan pemain-pemain mesin es krim adalah pemahaman dari mesin itu sendiri. “Karena kebetulan mengerti mengenai mesin, maka kami tidak asalasalan dalam soal mesin. Kami memilih mesin yang baik, mudah perawatannya dan suku cadang yang mudah dicari. Sedangkan pemain mesin es krim di Indonesia sampai sekarang masih sekadar jualan mesin. Harus diperhatikan juga adalah pelayanan purna jual yang tetap berkesinambungan, tak hanya sampai selesainya masa garansi saja,” ujar Rudy mengungkap kiat bisnisnya. Kelebihan lainnya adalah, Wiratama Food&Beverage tak hanya menjual mesin pembuat es krim saja namun bisa sekaligus mengajari membuat es krim, membantu memberikan pelatihan kepada pegawaipegawai dari pembeli mesin es krim, bahkan konsultasi bisnis. Mesin es krim yang disediakan oleh Wiratama Food&Beverage adalah mesin Soft Ice Cream yang terdiri dari dua macam daya kapasitas tampung. Mesin Soft Ice Cream ini bisa juga dipergunakan untuk mengolah frozen yoghurt yang sedang disukai masyarakat belakangan ini. Lalu ada mesin Hard Ice Cream, yaitu mesin yang menghasilkan es krim scoop dan yang terbaru adalah mesin Fry Ice Cream. Es krim dengan mesin Fry Ice Cream akan menambah daya jual, karena penyajiannya memerlukan sedikit ‘atraksi’.

     Seiring jalannya waktu, tak hanya menyediakan mesin es krim saja, Wiratama Food & Beverage juga menyediakan berbagai kebutuhan pembuatan es krim. “One stop shopping lah. Selain membeli mesinnya, kami juga sekaligus menyediakan berbagai kebutuhan bahan-bahan pembuatan es krim,” jelas Tari Hidayat, istri dari Hidayat Peje yang membantu mengawasi jalannya Wiratama Food & Beverage sehari-hari. Bahkan pembuatan booth penjualan dan banner juga akan dibantu oleh Wiratama untuk desain dan pengerjaannya. Dalam menjalankan bisnis es krim, Rudy tidak pernah mengajari untuk memulai bisnis dengan mempergunakan modal besar. “Mulai saja dari garasi rumah. Apalagi kalau rumahnya dekat sekolah atau pusat keramaian, jangan ragu untuk memulai bisnis dari rumah,” tegas Rudy. Menurutnya, setelah memiliki mesin es krim lama-lama akan bertambah dengan menjual makanan jenis lain. “Melalui mesin es krim kita mengajak para calon wirausahawan untuk berani memulai menjalankan bisnis. Melalui Wiratama kami mengajarkan dasar-dasar pembuatannya, untuk pengembangannya diserahkan kepada pelaku bisnis. Karena masing-masing pembuat memiliki ciri khas masing-masing,” kata Rudy. Dalam pengembangan bisnis lanjutan, pihak Rudy juga memiliki aneka mesin penunjang seperti mesin pembuat bakso, kebab hingga mesin pembuat mie/spaghetti. 

 Tari Hidayat, salah satu pengelola Wiratama Food & Beverage, menawarkan sistem belajar dulu beli mesin kemudian untuk menarik calon wirausahawan di bidang es krim.
Mesin Hard Ice Cream
dengan kapasitas 6 liter, mampu menproduksi es krim sebanyak 20 liter per jam.

 

Mencoba Peruntungan Lewat Es Krim Goreng

     Penyajian es krim memang sangat beragam. Tak puas berupa es krim scoop saja, maka hadir teknologi soft ice cream. Variasi soft ice cream dengan topping cokelat atau aneka topping jelly, kemudian menjadi sedikit tergeser karena lahirnya frozen yoghurt. Antara soft ice cream dan frozen yoghurt masih tak tergantikan karena masing-masing memiliki penggemar tersendiri. Isu yang penting dari produk es krim dan frozen yoghurt adalah penyajiannya yang makin beragam. Berkembangnya aneka es krim dan frozen yoghurt membuat Wiratama F&B menyediakan mesin Fry Ice Cream untuk mengembangkan ide-ide penyajian dari es krim maupun frozen yoghurt. Anda pasti berpikir bahwa es krim goreng adalah es krimyang dibalut tepung tempura dan di goreng cepat dalam minyak panas seperti es krim goreng a la Jepang yang sudah lama kita kenal. Sama sekali bukan.

     Ternyata es krim goreng ini mampu membuat jenis ice cream yang bermacam-macam, hal ini dikarenakan proses pembuatnya tidak harus menggunakan bahan yang banyak namun bahan yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan jum ah dan menu yang dipesan oleh pembeli. Keuntungan dari mesin Fry Ice Cream ini adalah, tak perlu membuat es krim dalam kapasitas besar, dan setelah dikreasikan bisa dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi karena sifat es krim yang customized. Pembeli tak hanya bisa memilih fl avour yang tersedia tapi bisa juga menambahkan berbagai variasi isi es krim maupun toppingnya. Pastry&Bakery berkesempatan melihat cara kerja dari mesin Fry Ice Cream di workshop Wiratama F&B beberapa waktu lalu.

 

Pelayanan Purna Jual
     Setelah membeli mesin pembuat es krim, pihak Wiratama tak berhenti untuk memberikan pelayanan. “Terutama bagi pembeli di luar kota, jika mereka mengalami kerusakan mesin bisa langsung telepon untuk dikirim teknisi atau mengirimkan mesinnya ke Jakarta untuk dilakukan service. Jaminan perbaikan diberikan dalam masa garansi satu tahun di luar spare part atau kerusakan akibat kesalahan pengoperasian. Apapun kerusakannya akan dicoba diperbaiki, bahkan jika masa garansi sudah lewat tetap akan kami bantu, karena kami memang mengandalkan layanan purna jual untuk mesinnya,” jelas Rudy. Selain menawarkan pelayanan service mesin es krim jika bermasalah, Wiratama juga menyediakan fasilitas berupa pelatihan kepada pembeli mesin es krimnya.

     “Sebelum memutuskan membeli mesin dari kami, bisa saja mengikuti pelatihan membuat es krim di sini,” ujar Tari. Pelatihan ini juga diberikan secara cuma-cuma, bahkan jika suatu saat pegawai atau orang yang sudah dilatih mengundurkan diri, pembeli mesin es krim Wiratama Food&Beverage bisa kembali mengirimkan pegawainya untuk dilatih. Guna pelatihan ini selain memahami produksi es krim juga mengerti jika terjadi gangguan yang sifatnya ringan bisa segera ditanggulangi. Uniknya, tidak ada pemaksaan untuk membeli unit mesin di Wiratama. “Ada juga yang belajar membuat es krim pada kami. Tapi saat memutuskan membeli mesin es krim malah di tempat lain. Ya taidak apa-apa, tapi jika nanti mesin yang mereka beli mengalami masalah, jangan dikeluhkan kepada kami,” ujar Rudy sambil tersenyum. Tambahnya, “ Mohon maaf kalau kami tidak melayani service di luar mesin yang kami jual, karena spesifi kasinya yang dipergunakan tidak sama dengan mesin es krim dari Wiratama Food & Beverage.” Maka tak heran jika tagline yang dimiliki oleh Wiratama adalah “Belajar Dahulu, Beli Mesin Kemudian” karena memang Rudy dan Hidayat memiliki keinginan untuk membukakan pintu untuk berbisnis kaum UKM, bukan sekadar mengejar keuntungan saja. PB/ Rika Eridani, foto-foto: Rika Eridani, dok. Wiratama F&B 

Tips memilih mesin es krim untuk bisnis:
• pastikan merk kompresor yang dipakai oleh mesin ice cream cukup ternama. Selain mempermudah mencari spare part jika terjadi kerusakan , kompresor dengan merk ternama walaupun harganya sedikit mahal namun daya tahan usia mesin akan lebih lama.
• periksa kapasitas mesin. Berapa banyak ice cream yang bisa dihasilkan? Periksa juga kecepatan produksi dari mesin tersebut.
• cocokkan dimensi mesin ice crem dengan outlet yang akan Anda pakai.
• cari rekomendasi dari orang-orang yang sudah mempergunakan mesin ice cream tersebut. Jika banyak pembeli yang merasa puas, biasanya penjual mesin tidak segan memberikan informasi kepada calon pembeli siapa saja pelanggannya.
• sebelum memutuskan membeli, tanyakan trial pemakain mesin tersebut. Anda berhak untuk mencoba mesin tersebut sebelum membeli.
• perhatikan daya listrik yang dipergunakan oleh sebuah mesin ice cream. Check berapa kapasitas daya listrik yang tersedia di lokasi outlet ice cream Anda. Jangan lupa untuk memilih mesin dengan power yang berkisar 50 Hz karena cocok dengan keadaan listrik di Indonesia. Jika memilih power di atas 50 Hz akan mengakibatkan mesin mudah rusak.

 

 

1. Tuangkan adonan es krim cair sesuai pilihan. Ratakan di atas plat mesin Fry Ice Cream.

2. Lakukan pengadukan dengan mempergunakan scrapper, untuk membantu pembekuan.

3. Karena suhu platform mendingin, maka adonan es krim mulai membeku.
4. Harus sesering mungkin diaduk agar membeku dengan merata.

5. Pada keadaan es krim setengah membeku, segera tambahkan isi untuk es krim. Bisa berupa potongan buah-buahan, kepingan cokelat atau kacang-kacangan.

6. Aduk dan ratakan agar es krim dan isian tercampur merata.
7. Ratakan di atas platform mesin Fry Ice Cream.

8. Es krim siap di scoop untuk disajikan.

9. Tambahkan topping sesuai selera, sajikan.