fbpx

Aneka Kreasi

    Siapa bilang filling hanya bisa diaplikasikan sebagai filling saja? Team dari Puratos mencoba menggubah resep mempergunakan filling menjadi sajian yang berbeda. Dengan mempergunakan salah satu produk filling-nya,

Puratos menyajikannya sebagai salah satu bahan minuman. “Kandungan konsentrat buah dari produk-produk filling Puratos pas dipadukan menjadi milkshake maupun minuman dengan base soda,” ujar Liny Susantyo, Marketing Manager PT Puratos Indonesia. Sedangkan menurut Hardianto selaku Sales&Marketing Manager PT Trans Standard International menyatakan bahwa, “Semua filling produk Trans Standard bisa dipadukan menjadi filling cake dengan menambahkan cream, dikocok lalu di-spread.
     Semua kreasi kembali kepada kreativitas dari user.” Edy Ang Putra, Direktur PT Mero Sekawan Jaya bahkan memberikan ide, “Dengan mempergunakan buttercream ditambahkan Bread Fill Powder dengan rasa Cream Vanilla, ditambahkan dengan Mercolade Rainbow akan menghasilkan rasa vla yang lebih enak, tahan lama dan vla yang beraneka warna. Sekarang Anda tak hanya membuat éclair dengan krim cokelat saja, tapi bisa berwarna-warni dengan rasa yang unik, karena ada rasa mint, lemon, strawberry, grape dan lain-lain. Warnanya menarik, sekaligus memiliki sensasi rasa berbeda karena masing-masing cokelat Mercolade Rainbow tampil dalam warna-warni plus rasa.” Untuk memberikan personal touch kepada filling siap pakai, terutama pada produk fruit jelly, Anda bisa menambahkan potongan-potongan buah segar, misalnya fruit jelly strawberry bisa diberi potongan buah strawberry. Jadi, walaupun mempergunakan filling siap pakai, pelanggan Anda masih bisa memperoleh fungsi vitamin dari buah-buahan sekaligus memberikan nilai tambah kepada produk.

    Jelly adalah olesan buah yang berwarna bening, jernih yang dibuat dari sari buah yang dimaniskan dan dikentalkan menggunakan pectin. Pectin merupakan hasil samping berupa gula alami dari pengolahan buah. Dalam proses pengentalan jelly, jika dirasakan kurang pekat, pectin bisa ditambahkan. Perbedaan proses pembuatan jelly dan jam (selai) adalah diperlukan proses penyaringan dengan menggunakan kain berserat halus setelah dilakukan pemanasan. Penyaringan jelly harus dilakukan pelan-pelan dibiarkan menetes dari saringan ke dalam wadah. Jangan diperas karena akan menghasilkan warna cairan terlalu bening atau keruh, dan mengakibatkan tekstur yang tidak merata.

Fruit filling / filling jelly:
• terbuat dari konsentrat atau sari buah asli.
• teksturnya lebih halus, warnanya bening.
• bisa diaplikasikan pada produk melalui proses baking maupun setelah proses baking.
• bisa untuk aplikasi topping.
• mempergunakan pectin starch untuk mengentalkan sari buah.

Jam / selai:
• terbuat dari sari buah asli.
• tekstur lebih kasar, masih ada serat.
• lebih cocok untuk spread atau olesan.


Tips Cara Penyimpanan Filling

   Filling biasanya dikemas oleh produsen dalam kemasan minimal 500 gram, 1 kilogram atau 5 kilogram. Jika Anda bergerak di bidang bakery, tentu Anda sudah bisa memperkirakan kebutuhan topping dalam beberapa hari atau beberapa minggu, sehingga Anda tak perlu sulit memperkirakan shelf life dari produk filling yang dipakai. Namun bagi Anda yang kapasitas produksinya belum seperti bakery-bakery besar, kadang Anda mengalami kesulitan menyimpan sisa filling yang belum terpakai. Ada beberapa cara untuk menghindarkan filling yang sudah dibuka kemasannya menjadi rusak karena salah penyimpanan.

• Biasakan mempergunakan alat/sendok yang bersih dan kering untuk mengambil filling dari wadah. Jangan mempergunakan alat/ sendok bekas yang dipergunakan mengambil materi lainnya.
• Jika sudah terlanjur mempergunakan alat/sendok bekas pakai, segera ambil sisa jejaknya.
• Jangan lupa untuk selalu menutup rapat wadah filling
• Simpan di tempat lemari pendingin.
• Jangan pindahkan filling dari wadahnya. Bila terpaksa harus membagi isinya, ambil secukupnya. Segera tutup  kembali wadahnya. Simpan dalam lemari pendingin.

• Jangan mencampurkan sisa filling dengan filling dari wadah yang baru dibuka.
• Jika tidak disimpan dalam lemari pendingin, pastikan tempat penyimpanan kering, sejuk namun tidak terkena sinar matahari langsung atau lokasi yang lembab.
• Jika filling terlanjur terkontaminasi, misalnya ditumbuhi jamur, segera buang filling tersebut. Filling sudah tidak dapat dipergunakan lagi.
• Cek tanggal kadaluwarsa. Filling akan tetap baik kondisinya dalam kurun masa sebelum kadaluwarsa.
• Cek juga wadah yang tetap tersegel rapat. Walaupun masih dalam kurun waktu aman sebelum masa kadaluwarsa, tetapi wadah filling sudah terbuka, periksa dahulu sebelum dipergunakan.
• Jika filling berupa powder, selalu pergunakan air matang atau air es untuk mencampur powder tersebut. Perhatikan cara membuatnya, ikuti aturan untuk mempergunakan air panas, air suhu ruang atau air es.