Filling, Kaya Ide Kaya Kreasi

    Saat ini, siapa yang tak kenal dengan produk filling, terutama untuk aplikasi produk bakery. Beberapa produsen filling yang ada saat ini menyediakan bermacammacam pilihan berbagai jenis filling.

Pemakaian filling juga kaya akan kreativitas, sehingga tak sekadar menjadi filling konvensional, namun bisa diaplikasikan menjadi kreasi produk yang unik. Keberadaan filling dalam dunia baking sangatlah penting. Selain tampil sebagai pemberi rasa, juga meningkatkan daya jual.

     Berbagai filling tersedia untuk segala macam kebutuhan produk bakery. Dahulu, filling bisa diperoleh melalui proses pengolahan secara manual. Misalnya saja filling yang dipergunakan untuk nastar. Untuk memperoleh filling nastar yang terbuat dari parutan buah nanas segar, kita harus mengolah nanas, dari mengupas, menghaluskan hingga memasaknya dengan menambahkan gula dan rempah-rempah, diaduk terus menerus untuk menjaga bubur nanas tersebut tidak hangus dan mengering, barulah siap dipergunakan. Untuk rasa, tidak dapat dipungkiri, pasti lebih lezat dan pas dipadukan dengan balutan adonan kulit nastar nan gurih. Sayangnya, dibalik kenikmatan tadi, nastar yang terbuat dari filling alami tidak dapat bertahan lama. Jarak antara waktu produksi hingga sampai ke tangan pembeli menjadi sangat pendek. Begitu pula dengan berbagai filling untuk roti dan produk bakery lain, penggunaan filling buatan sendiri atau alami memiliki kendala singkatnya shelf life.

Umur Simpan Lebih Panjang

   Majunya teknologi serta keinginan dari pemilik bakery agar mendongkrak keuntungan dan memperoleh kemudahan dalam berkreasi, maka mulai dikenal berbagai filling siap pakai. Penggunaan filling siap pakai memang sangat mudah dan praktis, sehingga mendorong produsen membuat varian yang beragam dan tentu saja mengundang selera. Salah satu keunggulan penggunaan filling siap pakai adalah menambah shelf life dar produk-produk bakery. Biasanya nastar yang bisa bertahan sekitar satu bulanan bisa bertahan hingga tiga-enam bulan. Selain kepraktisan, umur simpan yang panjang memang menjadi pertimbangan penggunaan filling siap pakai. Untuk produk bakery seperti roti, pastry dan cake, penggunaan filling siap pakai juga membantu memperpanjang umur simpan dari produk tersebut. Namun pada produk roti, cake dan pastry bergantung juga dengan kondisi pembuatan produk.

     Karena produk yang dibuat pada tempat dengan sanitasi baik membantu pula memperpanjang waktu simpan. Belakangan ini, produsen filling siap pakai dapat mengatur agar kandungan air dari filling bisa berkurang, sehingga menambah umur simpan lebih lama lagi. Ada pula yang menciptakan filling dalam bentuk powder. Tinggal tambahkan air pada saat akan dipergunakan. Rata-rata umur simpan dari produk filling dalam keadaan tersegel adalah 12 bulan. Sedangkan dalam keadaan segel terbuka, rata-rata filling bisa bertahan satu hingga dua bulan tergantung dari suhu simpan. Maka, produsen filling siap pakai selalu menganjurkan setelah segel terbuka segera dipergunakan, karena bahan baku filling dengan fruit base memiliki kandungan buah-buahan asli. Filling dengan cream base saat ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga kadar airnya sangat sedikit. Kandungan air yang sudah dikurangi, membuat produk filling ini daya simpannya menjadi sedikit lebih lama. Namun jika kemasan sudah dibuka, Anda tetap harus memperlakukan penyimpanan yang sama dengan filling fruit gel. Filling cream base bisa dipergunakan sebagai isi cake, roti, pastry maupun donat. Bisa diaplikasikan pada produk yang dipanggang maupun didinginkan. Karena filling cream base freeze stable, filling tidak berubah bentuk maupun rasa.

Rasa Yang Memikat
   Selain praktis, penggunaan filling siap pakai disukai oleh pengusaha bakery besar maupun bakery rumahan hingga pemakaian rumah tangga karena rasanya yang enak. Rasa buah yang kuat dan rasa manis nan serasi menjadi pilihan untuk dipadukan pada produk roti, pastry hingga filling untuk cokelat. Bahkan ada produsen yang membuat filling khusus untuk mooncake atau pia seperti Cookies Pia Fruit Filling dari Trans Standard. Filling mooncake dan pia ini memang diciptakan khusus, karena menghasilkan mooncake yang kokoh dan cantik. Filling yang mengandung biji bunga lotus ini juga sangat pas taste-nya karena sesuai dengan filling yang dibuat secara tradisional. “Keunggulan mempergunakan filling siap pakai adalah praktis.

    Rasa yang dihasilkan juga konsisten,” jelas Hardianto, Sales & Marketing Manager PT Trans Standard International. Nampaknya mempertahankan rasa adalah alasan kuat untuk mempergunakan filling siap pakai. Bisa saja pada saat Anda membuat home-made filling, lupa membubuhkan gula bisa berakibat fatal dan mempengaruhi produksi yang berpengaruh pada roti atau pastry Anda karena mendadak tidak laku. Penggunaan filling siap pakai mengatasi hal-hal yang tak diinginkan. Produk filling siap pakai memang lebih diandalkan, karena biasanya diproduksi secara pabrikan dan diawasi kualitasnya melalui quality control yang ketat.