fbpx

Novelty Cake Semakin Mendominasi

   Bagian dari produk yang mereka jual. Misalnya produk bakery dengan aplikasi gandum utuh, biji-bijian, buah kering serta produk bakery kaya serat lainnya.

Pilihan filling pun tidak hanya baso, daging, tapi juga seperti abon ayam, daging. Begitu pula dengan cokelat ganache, bahkan keju akan tetap digemari baik diaplikasikan untuk filling maupun topping. Sedangkan untuk aplikasi buah segar pada produk bakery akan mengalami kesulitan karena akan membuat produk tak bertahan lama. Aplikasi buah segar lebih cocok digunakan oleh industri rumahan yang membuat produk setelah ada pesanan yang masuk dan diantar langsung ke pemesan, misalnya cake dengan aplikasi buah segar untuk ulang tahun atau anniversary. Selain itu Natural Cooking Club (NCC) mengagendakan pudding dengan aplikasi buah di tahun 2011 bisa menjadi trend. Selain kaya serat pudding dengan aplikasi buah bisa menjadi panganan sehat bagi keluarga.

     Salah satu langkah untuk mengangkat trend ini adalah dengan mengadakan pudding week sebagai salah satu event online yang sering diadakan NCC dalam setiap bulannya tergantung tema yang diambil. P&B/ Mega Murti/Novi Amaliyah/Rika EridaniImajinasi dan kreatifitas dari seorang pembuat kue sangat menentukan sampai sejauh mana produk-produk yang dihasilkan dapat memberikan kepuasan serta memenuhi keinginan para pelanggannya. Inilah yang menjadi modal utama para pelaku usaha untuk bisa bersaing di tengah ramainya geliat usaha kue yang semakin berkembang tiap tahunnya. Demi menghasilkan sesuatu yang berbeda dan unik, imajinasi dan kreatifitas memang sangat dibutuhkan. Apalagi seiring perkembangan jaman, ternyata konsumen semakin selektif memilih berbagai jenis produk yang mereka butuhkan, tak terkecuali dalam memilih kue. Menurut Dewi Anwar, seorang cake decorator dan salah satu pengajar di NCC (Natural Cooking Club) di tahun 2011, seorang produsen dituntut untuk bisa berimajinasi lebih tinggi, karena akan semakin banyak konsumen yang menginginkan apa yang ada di dalam pikiran mereka dapat diaplikasikan ke dalam bentuk kue.

  “Seperti kita lihat sekarang ini, semakin banyak orang yang menyukai kue dengan berbagai bentuk yang unik dan tidak biasa. Tahun depan kue-kue seperti ini akan semakin berkembang dan variatif, maka produsen pun dituntut untuk bisa berimajinasi lebih tinggi lagi sehingga bisa mewujudkan keinginan konsumen,” ungkapnya. Tak heran jika kue jenis novelty cake akan semakin diminati dan dicari oleh para konsumen. Tak hanya jenis novelty cake saja yang akan diminati, edible photo cake dan painting cake juga akan mencuri perhatian para penggemar kue. “Belakangan ini edible cake sangat diminati oleh konsumen terutama anak-anak. Misalnya saja saat merayakan
ulang tahun, anak-anak senang apabila bisa melihat gambar favorit atau bahkan foto mereka dapat diaplikasikan ke atas kue ulangtahun mereka,” jelas Dewi sembari tersenyum. Begitu pula dengan painting cake, kue jenis ini akan semakin berkembang dan mulai mendapat perhatian karena tampilannya yang lebih sederhana namun lebih menonjol dari segi artistik. “Saya juga sedang berusaha untuk mempelajari painting cake, karena menurut saya membuat painting cake itu lebih menantang karena kita seperti melukis diatas kue. Dan kebetulan saya senang sekali melukis, jadi saya ingin mencoba untuk membuat painting cake yang tidak hanya memiliki nilai seni namun juga cerita yang terkandung di dalamnya. Ya, seperti membuat komik lah,” lanjut ibu dari satu putra ini.vvv