PREMIX, SOLUSI UNTUK EFISIENSI DAN KONSISTENSI RASA

               Penggunaan tepung premix akan mempermudah berjalannya bisnis bakery. Benefitnya cukup banyak, antara lain: efisiensi, waktu, membuat produk lebih seragam dengan standar mutu yang konsisten, dan pengawasan stock bahan baku akan lebih mudah.

Efisiensi serta kualitas produk yang terjaga adalah beberapa hal untuk berhasil di bisnis kuliner termasuk bisnis di dunia pastry dan bakery. Standar kualitas produk yang konstan untuk produk makanan menjadi salah satu kunci yang harus dijaga karena dari sinilah produk Anda ‘berbicara’ langsung dengan penikmatnya. Selanjutnya para penikmat produk Anda akan mempunyai kesan dari produk yang sudah dicobanya. Produk bakery yang stabil itulah yang menjadi motor penggerak utama bisnis Anda.

               Berkembangnya dunia pastry dan bakery beberapa tahun belakangan di Indonesia memberikan peluang besar bagi para pelaku industri yang terlibat di dalamnya. Mulai dari industri ingredient, pengolahan bahan baku, industri bakery dan turunannya serta packaging. Salah satu produk penunjang bakery untuk menghasilkan cake maupun roti-roti berkualitas dengan hasil yang selalu konstan adalah penggunaan tepung premix. Tepung premix sendiri sudah cukup populer di kalangan bakery bahkan sampai ke industri bakery rumahan.

                Bahan yang disebut tepung premix sendiri sudah jauh lama kita kenal dengan nama baking powder. “Penggunaan premix di Indonesia sudah dilakukan sejak lama, salah satunya  baking powder. Baking powder merupakan bahan premix yang selama ini kita kenal sebagai pengembang yang sering digunakan dalam pembuatan bolu. Dalam baking powder sudah dicampurkan tiga jenis ingredients yang berbeda fungsi, yaitu  asam, soda (sodium bicarbonate) dan pati/ tepung,” jelas Hardy Sambas, Direktur PT. Kelston Indonesia salah satu penyedia tepung premix terkemuka.

 

Mutu Produk Konsisten

                General Manager PT. Pondan Pangan Makmur Indonesia, Dicky Sugiharta menyatakan bahwa penggunaan premix merupakan solusi untuk efisiensi dan kualitas produk yang konstan bagi pelaku usaha di bidang pastry dan bakery. “Banyak masyarakat yang ingin masuk bisnis bakery, namun masih minim pengetahuan bahkan pengalaman. Hal ini yang mendorong PT. Pondan Pangan Makmur Indonesia memperkenalkan produk premix untuk industri bakery yang berlabel Gusto.  

                Senada dengan Dicky, Liny Susantyo dari  PT. Puratos Indonesia juga meyakinkan bahwa penggunaan tepung premix akan mempermudah berjalannya bisnis bakery. “Tepung premix membuat kualitas berbagai produk bakery bisa diandalkan. Konsistensi hasil produk akan membuat pelanggan bakery terus-terusan kembali,” jelas Liny. Ditambahkan oleh Hardy Sambas, “Cukup banyak kelebihan dari penggunaan premix, mulai dari efisiensi waktu, membuat produk lebih seragam dan memiliki standar produk yang konsisten mutunya.  Pengontrolan stock bahan baku akan jauh lebih mudah.”

                Ada satu hal yang selalu dikhawatirkan oleh para pebisnis bakery, yaitu penggunaan tepung premix akan mengakibatkan membesarnya biaya. Hal tersebut ditepis oleh Hardy, “Bagi yang belum memahami, banyak bakery yang khawatir akan meningkatnya biaya bahan-bahan. Namun secara total cost belum tentu lebih mahal,” tegasnya.