fbpx

Venus Bakery Inovasi Roti Ukuran Mini

Inovasi yang dilakukan oleh Venus Bakery ternyata menjadikan mereka pioner di Indonesia sebagai gerai bakery yang memproduksi roti dengan ukuran mini. Bermula di tahun 1992, Hendra (50) pemilik gerai Venus Bakery memproduksi dan menjual roti ukuran besar pada umumnya.

Namun sejalan dengan usahanya yang mulai berjalan Hendra memperhatikan bahwa sudah banyak gerai bakery lainnya yang memproduksi dan menjual roti dengan model, ukuran, dan rasa yang sama. Jenuh akan ukuran dan rasa roti yang itu-itu saja, akhirnya Hendra mencoba untuk memproduksi dan menjual roti dalam ukuran yang lebih kecil.

Pada awalnya Hendra belum terlalu yakin dengan keputusannya untuk memproduksi roti mini tersebut, tapi berkat dukungan keluarganya Hendra pun berani mencoba untuk serta memproduksi dan menjual roti mini bebarengan dengan roti besar yang sudah ada sejak Venus berdiri. Tak disangka bahwa ketika roti mini mulai dipasarkan kepada konsumen, ternyata sangat laris. Pembeli lebih banyak yang membeli roti mini daripada roti besar. Secara perlahan, ketika Hendra mulai mantap akan hasil penjualan roti mini, akhirnya produksi dan penjualan roti besar dihentikan dan diganti seluruhnya dengan roti mini.

Buah Tangan Khas Bogor

Sudah 18 tahun ini VenusBakery berjalan, roti mini buatan mereka tak henti-hentinya dibeli oleh para konsumen. Bahkan roti mini khas gerai bakery yang terletak di Jl. Padjadjaran ini telah menjadi ikon sebagai oleh-oleh khas Bogor. Sehingga jika Anda ke Bogor belum lengkap terasa jika Anda tidak membawa oleh-oleh yang kini oleh masyarakat luas disebut dengan roti unyil karena ukurannya yang mini tersebut.

Dengan hadirnya Roti Unyil,  terlihat bahwa selera sebagian masyarakat Indonesia ternyata lebih tertarik untuk menyantap roti ukuran mini. Hendra sebagai pemilik dapat menangkap kondisi tersebut dengan tepat. Hingga akhirnya Hendra tak ragu melakukan inovasi dalam memproduksi roti berdasarkan ‘selera lokal’ ketimbang harus menyamakan diri dengan memproduksi roti ala Eropa yang pada umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan bertekstur keras. Roti Unyil memiliki ukuran yang mini berkisar antara 5-7 cm, sedangkan roti besar umumnya memiliki ukurannya berkisar antara 13-15 cm.

Banyak Varian

Untuk bahan, seperti tepung dan telur, Venus lebih memilih produsen lokal. Sedangkan untuk susu dan keju Venus memilih produk impor ataupun jika harus menggunakan produk lokal, Venus memilih produk lokal dengan kualitas nomor satu. Dalam sehari Venus Bakery menghasilkan lebih dari sepuluh ribu potong, yang menghabiskan kurang lebih lima karung tepung terigu.

Aneka isi Roti Unyil pada awalnya hanya 10 jenis, semakin berkembang ketika memasuki tahun 2000 mulai terdiri lebih dari 30 jenis. Hendra yang dibantu oleh sang kakak, Herlianty sebagai penanggung jawab Venus Bakery mengatakan bahwa para konsumen masih banyak yang menggemari roti unyil isi cokelat, cokelat keju, pisang keju, dan jagung susu ditambah dengan roti unyil abon.

“Selain ukurannya yang memang mini, isi Roti Unyil lebih padat, dan tekstur rotinya lebih lembut, inilah faktor penting lainnya yang disukai oleh para konsumen dari Venus,” papar Herlianty yang merupakan kakak pertama dari Hendra.

Pastry & Bakery/@Achdiyati Sumi

Foto-foto : Richard Mandala