• Ulasan Tren

    Pastry

  • Artikel & Tips

    Bakery

  • Artikel & Tips

    Pastry

VISIT OUTLET

Le Meridien Jakarta, Hadirkan Pilihan Paket Berbuka Puasa Istimewa

EQUIPTECH

Mengenal Lebih Dekat Cream Cheese

TIPS & TRIK

Tiga Trik Cegah Kue Kering Hancur

CREATIVE RECIPIES

Black Forest Candy Cake

ART & DECO

Car Story Cake

Cikang Hadirkan Legenda Cita Rasa Tak Terungkap dari Ranah Minang

Pemecahan Rekor Dunia “The Largest Thematic Cookies”

MODENA Buka Flagship Store Berkonsep Experience Center

Baking Demo Gold Bullion Bersama STP Trisakti

Manajemen Produksi Usaha Katering & Warung Tanpa Tergantung Tukang Masak

2013 Machinery, Materials, Marketing of Bakery and Confectionery Show

News

Magnum Luncurkan Varian Magnum Hazelnut Luxe

Creative Recepies

Owl Character Choux

Baking Tips

Trik menyiasati Jika Kue Kering Kurang Renyah

Visit Produk

BAKE CHEESE TART Istimewa Dari Jepang

 

Lebaran merupakan hari yang sangat istimewa. Saat itu kita semua saling bertukar salam untuk mempererat kembali tali silaturahmi. Tak ketinggalan beragam hidangan istimewa layaknya sajian pesta tersedia. Namun begitu acara usai, seringkali beberapa hidangan istimewa itu meninggalkan sisa. Apakah hidangan ini lantas dibuang ? Ups jangan, karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan.

• Saat lebaran tradisi ditinggal pembantu mudik mungkin selalu terjadi setiap tahun.
Untuk mengantisipasi setelah acara pesta lebaran usai, terkadang kita mengeluh dan merasa kerepotan dengan sisa-sisa berbagai hidangan istimewa tersebut. Sisa sajian pesta tersebut bisa dimasukkan dalam wadah kedap udara dan simpan wadah itu dalam lemari pendingin. Jadi saat akan diolah kembali, kita tinggal memasak atau menumisnya.

• Jadikan memasak itu hal yang menyenangkan
Melihat aneka makanan yang sisa usai pesta lebaran tentunya mau tidak mau kita harus segera membereskannya. Jangan melulu mengandalkan tenaga pembantu. Usahakan dengan senang hati bila diri kita sendiri terjun langsung ke dapur.  Beruntunglah kita yang hidup diabad 21. Tak hanya karena lengkapnya piranti masak yang serba modern, tersedianya berbagai buku, tabloid bahkan majalah kuliner bisa menjadikan tugas memasak terasa lebih menyenangkan. Kita bisa menghadirkan menu sisa pesta itu tampil makin cantik dengan pilihan resep yang makin beragam.

Hidangan Utama Khas Lebaran
Sejumlah hidangan utama yang lazim muncul pada lebaran selalu sajian kelas berat berupa lontong atau ketupat lengkap. Kadang ada juga ketupat ketan, lemang atau nasi kebuli.
Rasanya tak lengkap jika sajian khas lebaran seperti lontong atau ketupat itu berdiri sendiri tanpa makanan pengiringnya. Masakan berkuah yang biasanya menjadi pelengkap itu bisa opor, gulai, rendang, sambal goreng ataupun kare yang diolah menggunakan santan pekat. Tak ketinggalan untuk lauk pauk bisa berupa daging sapi, ayam, hati ampela ataupun telur. Selain dimasak menjadi masakan berkuah, bahan-bahan ini cocok juga dibumbui seperti sate, balado, bumbu Bali ataupun bumbu petis.

Mengolah Sisa Hidangan Lebaran
Buat Anda yang hobi masak, bisa juga memaksimalkan apa yang ada, dengan memodifikasi sisa hidangan lebaran. Jenis makanan tertentu bisa awet beberapa hari, namun bisa jadi kita sudah bosan memakannya
Hidangan yang belum habis ini sebenarnya bisa dimodifikasi menjadi masakan baru atau pelengkap masakan lain. Contohnya sambal goreng hati bisa disulap menjadi isi arem-arem, bumbu rendang di modifikasi menjadi bumbu nasi goreng, dll.
Seperti yang telah LeZAT hadirkan yaitu menyulap menu sisa pesta menjadi hidangan baru. Menu-menu sisa pesta itu bisa kita olah kembali sebagai bahan isian.entah diolah kembali seperti abon, ditumis hingga agak kering, dll. Yang terpenting hidangan baru itu tidak meninggalkan citarasa aslinya. *PB

You have no rights to post comments

primi sui motori con e-max.it

Biznews

Anda ingin lihat keseruan generasi milenial dari dunia kuliner yang kekinian? Atau ingin melihat wujud mimpi Anda menjadi foodpreneur?

Selengkapnya...

Chef Delight

    Gelombang tren dalam kreasi pastry tak ubahnya seperti tren fashion. Namun I Nyoman Sudiana tetap memilih jalur ‘aman’ demi mendongkrak citra Hotel Akmani sebagai hotel baru di Jakarta. Walaupun bermain aman, Nyoman tetap berusaha menampilkan classic pastry dengan sentuhan menarik.

Selengkapnya...

Pack & Display

Dalam pandangan Diana Sutandya, pemilik L’atelier du Chocolate yang berlokasi di Jakarta, packaging (pengemasan) merupakan salah satu hal penting dalam bisnisnya. “Banyak pelanggan tertarik pada produk-produk cokelat kami, bukan semata karena kualitas citarasanya, namun juga packaging-nya yang unik dan menarik.”

Selengkapnya...

Baker Spirit

    Chef yang satu ini terbilang unik sekaligus tangguh. Meski tuna netra, tak membuat semangatnya hilang. Justru dari keterbatasannya ia banyak memberi inspirasi bagi para chef lainnya.

Selengkapnya...

    

About Us

Selamat menikmati sebuah Majalah yang kami rancang untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, komunitas peminat dan pelaku usaha pastry & bakery di Indonesia. e-mail : redaksi@pastrynbakery.net
Facebook : http://www.facebook.com/lezatn.pastrybakery
Twitter : @tabloidlezat

Newsletter

Lokasi Kami